Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X SMAN 1 Bulakamnba Brebes

Syakuro, M. Abdan (2022) Pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas X SMAN 1 Bulakamnba Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016009_M. Abdan Syakuro_Lengkap] Text (Skripsi_1703016009_M. Abdan Syakuro_Lengkap)
1703016009_M. Abdan Syakuro_Lengkap Tugas Akhir - M Abdan Syakuro.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembahasan dalam skripsi ini meliputi pengaruh intensitas belajar terhadap hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas X SMAN 1 Bulakamba Brebes. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari: pengaruh intensitas belajar (X) terhadap hasil belajar kognitif Pendidikan Agama Islam (Y) pada peserta didik kelas X SMAN 1 Bulakamba Brebes. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik inferensial sebagai perhitungannya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa rata-rata intensitas belajar yaitu 62,9 dengan kategori sedang. Kemudian rata-rata hasil belajar PAIBP yaitu 75,3 dengan kategori sedang. Analisis uji hipotesis diperoleh persamaan regresi Y = 61,94593 + 4802995X. Hasil nilai dari data Nilai t hitung tersebut selanjutnya dibandingkan dengan nilai t tabel. Untuk kesalahan 5% uji dua pihak dan dk = n – 2 = 76, maka diperoleh t tabel = 1,665. Jadi kesimpulannya, t hitung = 8,725 > t tabel = 1,665. Karena t hitung > t tabel, maka hasil perhitungan di atas menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara intensitas belajar terhadap hasil belajar kognitif PAIBP kelas X SMAN 1 Bulakamba Brebes. Hasil tersebut dapat dilihat dalam kolom R-Square yang memperoleh 94% berpengaruh, sedangkan sisanya sebesar 6% dipengaruhi oleh faktor lain. Artinya semakin intens peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar, maka semakin meningkat pula hasil belajar yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Intensitas belajar; Hasil belajar; Pendidikan agama Islam; Budi pekerti
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:59
Last Modified: 02 Jan 2023 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18697

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics