Pengembangan e-MOLASI (e-Module Laju Reaksi) berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology, and Society)

Yulianti, Elly Dwi (2022) Pengembangan e-MOLASI (e-Module Laju Reaksi) berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi SETS (Science, Environment, Technology, and Society). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808076053_Elly_Dwi_Yulianti] Text (Skripsi_1808076053_Elly_Dwi_Yulianti)
Skripsi_1808076053_Elly_Dwi_Yulianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi karena kemampuan literasi sains siswa yang rendah dan bahan ajar berupa LKS yang digunakan sebagai penunjang kegiatan belajar kimia di SMAN 3 Semarang kurang menarik minat baca siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan kelayakan produk berupa e-molasi (e-module laju reaksi) berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi SETS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D, meliputi Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek penelitian ini yaitu 9 siswa kelas XII MIPA 8 SMAN 3 Semarang. Karakteristik e-molasi hasil pengembangan berupa flipbook digital yang menyajikan langkah kegiatan belajar sesuai sintaks inkuiri terbimbing serta materi yang dikaitkan dengan SETS. Inkuiri terbimbing terlihat pada teori tumbukan dan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Langkah inkuiri terbimbing pada bagian mengumpulkan data untuk kegiatan praktikum dilengkapi dengan video, serta SETS diterapkan pada bagian katalis, berupa katalisator dan katalis zeolit. Kualitas e-molasi dinilai oleh validator ahli dan respons siswa. Hasil uji validasi e-molasi oleh ahli materi dan ahli media mendapatkan kategori sangat valid dan valid dengan persentase berturut-turut sebesar 81% dan 74,5%. Hasil uji respons siswa terhadap e-molasi mendapat kategori sangat baik dengan persentase 89,33%. Dari data validasi ahli dan respons siswa, maka e-molasi berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi SETS yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-MOLASI; E-module laju reaksi; Inkuiri terbimbing; SETS; Science, Environment, Technology, and Society
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Tiara Muna
Date Deposited: 28 Dec 2022 08:58
Last Modified: 28 Dec 2022 08:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18700

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics