Bimbingan sosial untuk membentuk penyesuaian diri bagi eks psikotik di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Pangrukti Mulyo Rembang

Khasanah, Hani’in Nur (2020) Bimbingan sosial untuk membentuk penyesuaian diri bagi eks psikotik di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Pangrukti Mulyo Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601016122_HANI_IN_NUR_KHASANAH] Text (SKRIPSI_1601016122_HANI_IN_NUR_KHASANAH)
1601016122_Hani_in Nur Khasanah_Skripsi Full - 31-Haniin Nur Khasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penyesuaian diri merupakan suatu proses yang mencangkup respons-respons mental dan tingkah laku individu agar berhasil mengatasi kebutuhan, konflik dan frustasi yang dialami didalam dirinya. Penyesuaian diri menjadi salah satu faktor penyebab gangguan mental. Gangguan mental salah satunya yaitu eks psikotik. Eks psikotik di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Pangrukti Mulyo Rembang memiliki kondisi penyesuaian diri yang kurang baik Oleh karena itu mereka perlu adanya metode dan pendekatan khusus untuk mengembalikan mentalitas eks psikotik atau gangguan jiwa agar mereka dapat menyesuaikan diri dalam kehidupan bermasyarakat serta mengetahui kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Metode dan pendekatan khusus yang di gunakan panti pelayanan sosial disabilitas mental pangrukti mulyo Rembang dengan menggunakan pendekatan bimbingan sosial. Bimbingan sosial merupakan layanan bimbingan yang diberikan kepada individu untuk mengenal lingkungannya sehingga mampu bersosialisasi dengan baik. Peneliti ini bertujuan untuk (1) Mengetahui kondisi penyesuaian diri eks psikotik di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Pangrukti Mulyo Rembang (2) Menganalisa bagaimana Bimbingan Sosial Untuk Membentuk Penyesuaian Diri Bagi Eks Psikotik yang diterapkan di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Pangrukti Mulyo Rembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kondisi penyesuaian diri eks psikotik di Panti Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Pangrukti Mulyo Rembang sebelum di rehabilitasi adalah buruk, tidak betah, labil, dan perilaku memberontak. Eks psikotik setelah mengikuti rehabilitasi berubah dan berkembang menjadi lebih baik dari kondisi sebelumnya. Perubahannya meliputi dapat menyesuaikan diri dengan aturan petugas panti, dan dapat mengikuti kegiatan-kegiatan panti. Kedua, kegiatan rehabilitasi sosial di Panti Pelayanan Sosal Disabilitas Mental Pangrukti Mulyo Rembang sebagai upaya (1) penanganan masalah kesejahteraan sosial dengan melibatkan peran aktif masyarakat dan dunia usaha (2) tercapainya pemulihan kembali harga diri, kepercayaan diri, dan tanggung jawab sosial serta kemauan dan kemampuan melaksanakan fungsi sosial penerima manfaat secara wajar dalam kehidupan bermasyarakat (3) penyelenggaraan pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penerima manfaat disabilitas mental dapat dilaksanakan secara maksimal, terukur, transparan, dan akuntabel sesuai dengan prinsip-prinsip pekerja sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri; Eks Psikotik; Bimbingan Sosial
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:43
Last Modified: 28 Dec 2022 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18712

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics