Studi komparasi hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs Dan SMP di MAN Pemalang

Cindyluthfizah, Hanifah (2022) Studi komparasi hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs Dan SMP di MAN Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016022_Hanifah Cindyluthfizah_Lengkap] Text (Skripsi_1803016022_Hanifah Cindyluthfizah_Lengkap)
1803016022_Hanifah Cindyluthfizah_Full Skripsi - Hanifah Cindy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang komparasi/ perbandingan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa alumni MTs terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. 2) hasil belajar siswa alumni SMP terhadap mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. 3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di MAN Pemalang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Pemalang yang berjumlah 322 siswa, namun hanya sejumlah siswa yang sekiranya representatif artinya dapat mewakili dari keseluruhan kelas X yang mana masing-masing terdapat siswa dari alumni MTs maupun SMP di MAN Pemalang. Sedangkan sampelnya yaitu siswa alumni MTs sebanyak 32 siswa dan alumni SMP sebanyak 32 siswa. Analisis yang digunakan adalah analisis komparasi, dengan teknik analis t test untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di Pemalang.
Hasil penelitian: (1) Hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa alumni MTs di MAN Pemalang dengan jumlah responden 32 siswa diperoleh hasil tes yaitu dengan jumlah rata-rata 86,78 termasuk dalam kategori cukup baik. (2) Hasil Belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa alumni SMP di MAN Pemalang dengan jumlah responden 32 siswa diperoleh hasil tes yaitu dengan jumlah rata-rata 87,22 termasuk dalam kategori cukup baik. (3) dari hasil pengujian t-test menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan pada hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis antara siswa alumni MTs dan SMP di MAN Pemalang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi; Hasil belajar; Al-Qu’an Hadis
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:54
Last Modified: 02 Jan 2023 02:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18719

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics