Penyelenggaraan haul akbar di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati dalam prespektif dakwah tahun 2019

Majid, Abdul (2020) Penyelenggaraan haul akbar di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati dalam prespektif dakwah tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036114_ABDUL_MAJID] Text (SKRIPSI_1601036114_ABDUL_MAJID)
1601036114_Abdul Majid_Full Skripsi - Abdul Majid.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Penyelenggaraan Haul di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati Dalam Prespektif Dakwah. Penyelenggaraan haul sering kali dilakukan masyaraka umum dalam memperingati hari ulang tahun kematian seseorang. Akan tetapi tradisi haul biasanya lebih menggema ketika dilkasanakan terhadap tokoh kharismatik. Kebanyakan tradisi haul biasanya dilakukan sebagai upaya memperingati meninggalnya sosok kyai ataupun ulama’ yang dianggap berjasa terhadap suatu desa atau suatu kelompok masyarakat. Penyelenggaraan haul yang di adakan di Pondok Pesantren Raudaltul Ulum ini mendoakan atau meng-haul-i Almaghfurullah KH.A. Suyuthi Abdul Qodir serta mendoakan masyarakat setempat. Penyelenggaraan haul akabar di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum ini berbeda dengan penyelenggaraan haul akbar yang lainnya, yaitu dilaksanakan dalam kurun waktu sepekan, dalam penyelenggaraan acara haul lebih ke unsur pendidikan, syi’ar, dan juga hiburan. Dikatakan pendidikan karena dalam penyelenggaraan haul akbar ini ada berbagai macam rangkaian acara kegiatan. Syi’ar dan hiburan dalam pelaksanaan acara kegiatan menjunjung tinggi nilai- nilai ajaran agama islam dan juga bertingkahlaku akhlakul karimah serta kedisiplinan waktu kegiatan dimulai, dan pembentukan kepanitiaan dalam penyelenggaraan haul akbar menjadi ciri khas dari pondok pesantren sehingga banyak yang mengikuti acara tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap fenomena dan menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokmentassi. Setelah data terkumpul penulis menggunakan teknik analisa seperti Reduksi data, Penyajian data, serta teknik penarikan kesimpulan atau Verifikasi data untuk proses analisa data.
Berdasarkan hasil penelitan menunjukan bahwa 1. Penyelenggaraan haul akbar di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Guyangan Trangkil Pati sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang telah di rencanakan dan di tetapkan oleh panitia penyelenggaraan haul akbar dengan memberlakukan perisapan sebelum melaksanakan sebuah kegiatan acara. Mulai dari persiapan pembentuk koordinasi rapat kepanitiaan, rapat akhir sebelum acara pelaksanaan, pelaksanaan haul akbar sampai evaluasi pelaksanaan haul akbar. 2. Perspektif dakwah dalam Penyelenggaraan haul akbar di Pondok Pesantren Raudaltul Ulum Guyangan Trangkill Pati sudah sesuai dengan unsur- unsur atau nilai dakwah, yaitu mulai Da’i nya Al maghfurullah KH. A. Suyuthi Abdul Qodir serta panitia penyelenggaraan haul akabr, Mad’unya yaitu santri- santri, Asatidz dan Ustadzat Pondok Pesantren serta elemen masyarakat umum, Maddah yang digunakan dalam penyelenggaraan haul akbar Pondok Pesantren Raudaltul Ulum yaitu tentang Ruhaniyyah atau lebih ke pendekatan diri kepada Allah dengan cara membaca Al-Qur’an, berdzikir, tahlil bersama, selalu menghadiri majlis ilmu, dan metode dakwah yang digunakan yaitu Mau’izatul Hasanah berdakwah dengan memberikan nasihat-nasihat atau menyampaikan ajaran-ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penyelenggaraan; Haul Akbar; Pondok Pesantren Raudlatul Ulum; dan Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:35
Last Modified: 28 Dec 2022 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18737

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics