Analisis partisipasi publik dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan di Desa Purworejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tahun 2021

Rosdiana, Alfina (2022) Analisis partisipasi publik dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan di Desa Purworejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak tahun 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806016058_Alfina_Rosdiana] Text (Skripsi_1806016058_Alfina_Rosdiana)
Skripsi_1806016058_Alfina_Rosdiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah yang sering terrjadi di wilayah pesisir seperti pada Desa Purworejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Kemiskinan menjadi hal biasa yang dirasakan oleh masyarakat, namun hal biasa itulah yang akan memunculkan permasalahan baru. Oleh sebab itu, perlu adanya terobosan-terobosan baru agar masalah kemiskinan dapat terselesaikan dan tidak terus berkembang. Hal yang diperlukan adalah ketegasan Pemerintah dalam menerapkan kebijakan untuk menanggulangi permasalahan kemiskinan. Selain itu, wujud dari partisipasi masyrakat dalam mendukung permasalahan ini juga diperlukan. Penelitian ini ditujukkan untuk menjawab masalah tentang apa solusi yang ditawarkan pemerintah dalam menanggulangi masalah kemiskinan yang ada di Desa Purworejo Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan tujuan untuk mengungkapkan kondisi yang terjadi dan menganalisis fakta lapangan yang dikaitkan dengan teori. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknis observasi lapangan, wawancara, dokumentasi, dan kajian kepustakaan. Analisis yang difokuskan dalam penelitian ini adalah analisis partisipasi publik.
Hasil menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah Desa Purworejo dalam menanggulangi kemiskinan termuat dalam kebijakan Peraturan Desa dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa No 9 Tahun 2020. Dari peraturan desa tersebut menghasilkan adanya pemenuhan hak-hak warga miskin oleh pemerintah melalui pembangunan fisik, sosial, dan ekonomi. Sedangkan hasil dari partisipasi masyarakat Desa Purworejo dalam penanggulangan kemiskinan sebagaimana teori Arnstein termasuk ke dalam kategori kemitraan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi partisipasi publik dalam kebijakan penanggulangan kemiskinan diantaranya pendidikan, pekerjaan, pola pikir, dan luas wilayah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi publik; Kebijakan; Penanggulangan kemiskinan
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government) > 323 Civil and political rights
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 28 Dec 2022 09:17
Last Modified: 28 Dec 2022 09:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18753

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics