Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa di MTs. Al-Ma’ruf Kartayuda

Maghfiroh, Afif (2022) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan sosial guru akidah akhlak terhadap akhlak siswa di MTs. Al-Ma’ruf Kartayuda. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016104_Afif Maghfiroh_Lengkap] Text (Skripsi_1803016104_Afif Maghfiroh_Lengkap)
1803016104_Afif Maghfiroh_Full Skripsi - Afif Maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan dan pengembangan akhlak pada anak. Sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi pembentukan dan pengembangan akhlak siswa, guru harus memiliki kompetensi yang baik. Khususnya pada kompetensi kepribadian dan sosial. Persepsi siswa terhadap kedua kompetensi tersebut mampu mempengaruhi bagaimana siswa dalam bertingkah laku. Oleh sebab itu, seorang guru wajib memberi contoh sikap, perbuatan, dan ucapan yang baik kepada peserta didik agar dijadikan teladan untuk peserta didik dalam bertingkah laku.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara kompetensi kepribadian dan sosial guru Akidah Akhlak baik secara parsial maupun simultan terhadap akhlak siswa di MTs. Al-Ma’ruf Kartayuda Blora. Jenis penelitian ini temasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Al-Ma’ruf Kartayuda Blora dengan sampel sebanyak 46 siswa diambil dengan menggunakan teknik simple ramdon sampling dari kelas IX A dan IX B.
Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru Akidah Akhlak terhadap akhlak siswa MTs. Al-Ma’ruf Kartayuda Blora dengan nilai Fhitung= 2,111 < 4,06 Ftabel dengan tingkat signifikansi variabel X1 terhadap variabel Y adalah 0,153 > 0,05 sehingga H1 ditolak. (2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi sosial guru Akidah Akhlak terhadap akhlak siswa MTs. Al-Ma’ruf Kartayuda Blora dengan nilai Fhitung= 3,254 < 4,06 Ftabel dengan tingkat signifikansi variabel X2 terhadap variabel Y adalah 0,078 > 0,05 sehingga H2 ditolak. (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan sosial guru Akidah Akhlak secara bersama-sama terhadap akhlak siswa MTs. Al-Ma’ruf Kartayuda Blora dengan nilai Fhitung= 1,615 < 3,21 Ftabel dengan tingkat signifikansi variabel X1 terhadap variabel Y adalah 0,211 > 0,05 sehingga H3 ditolak. Besarnya kontribusi kompetensi kepribadian dan sosial guru Akidah Akhlak dalam mempengaruhi akhlak siswa MTs. Al-Ma’ruf Kartayuda Blora ialah sebesar 7%. Sedangkan 93% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Kepribadian; Sosial; Akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:35
Last Modified: 02 Jan 2023 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18774

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics