Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang

Febriani, Wulan Dwi (2022) Pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016150_Wulan Dwi Febriani_Lengkap] Text (Skripsi_1803016150_Wulan Dwi Febriani_Lengkap)
1803016150_Wulan Dwi Febriani_Full Skripsi - Wulan Dwi F.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efikasi diri siswa di MTs Hidayatus Syubban Semarang, (2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang, (3) Ada tidaknya pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidyatus Syubban Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode survei. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas IX dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 77 responden. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) efikasi diri siswa MTs Hidayatus Syubban Semarang berada dalam kategori “cukup” dengan skor rata-rata 93,68. (2) hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang juga berada dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 73,31. (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran rumpun PAI di MTs Hidayatus Syubban Semarang. Hal ini dibuktikan melalui nilai Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 32,107 > 3,968. Nilai r sebesar 0,548 sehingga terdapat pengaruhya sebesar 30%, dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri; Hasil belajar siswa; Pendidikan agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:32
Last Modified: 02 Jan 2023 02:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18780

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics