Studi komparasi kemampuan membaca Al Quran antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD pada kelas VII Di MTs Al Hamidah Kradenan Grobogan

Ningtyas, Trianita Nurhadi (2022) Studi komparasi kemampuan membaca Al Quran antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD pada kelas VII Di MTs Al Hamidah Kradenan Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016156_Trianita Nurhadiningtyas_Lengkap] Text (Skripsi_1803016156_Trianita Nurhadiningtyas_Lengkap)
1803016156_Trianita Nurhadiningtyas_Full_Skripsi - Trianita Nurhadiningtyas.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi komparasi kemampuan membaca Alquran antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD pada kelas VII di MTs Al Hamidah Kradenan Grobogan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca Alquran pada kelas VII di MTs Al Hamidah Kradenan Grobogan pada siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD. Secara umum mengenai kemampuan membaca Alquran seorang siswa lulusan MI lebih baik dibandingkan dengan siswa lulusan SD. Hal ini dikarenakan banyaknya faktor yang mempengaruhi siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian analisis komparasi dengan rumus t-Tes. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan membaca Alquran siswa lulusan MI, berdasarkan hasil penelitian termasuk dalam kategori “Cukup”. Hal ini dibuktikan dengan diketahui rata-ratanya adalah 79.266. (2) Kemampuan membaca Alquran siswa lulusan SD, berdasarkan hasil penelitian termasuk dalam kategori cukup. Hal ini dibuktikan dengan diketahui rata-ratanya adalah 68.800. (3). Dari analisis hipotesis di peroleh t_hitung = 2,327 nilai ini kemudian di bandingkan dengan t_tabel dengan dk = 30 yaitu 1,701 maka taraf signifikan α=5%. Dari perhitungan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan positif signifikan kemampuan membaca Alquran antara siswa lulusan MI dan siswa lulusan SD pada kelas VII di MTs Al Hamidah Kradenan Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Membaca Al Quran; Siswa; Madrasah Ibtidaiyah; Sekolah Dasar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:31
Last Modified: 02 Jan 2023 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18781

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics