Pendayagunaan zakat melalui program Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) oleh dompet Dhuafa di Dukuh Bulu Desa Bacem Kecamatan Jepon Kabupaten Blora

Aulia Nur Faizah, Risqin (2021) Pendayagunaan zakat melalui program Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) oleh dompet Dhuafa di Dukuh Bulu Desa Bacem Kecamatan Jepon Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036145_RISQIN_AULIA_NUR_FAIZAH] Text (SKRIPSI_1601036145_RISQIN_AULIA_NUR_FAIZAH)
1601036145_Risqin Aulia NF_FULL Skripsi - Aulia Rizqin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, sumber data penelitian yang diambil menggunakan teknik obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul di analisa dengan deskriptif kualitatif. Analisis deskriptid kualitatif merupakan cara menganalisis yang menghasilkan kata-kata.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan penggunaan zakat yang bersifat produktif kreatif yakni penyaluran dana zis dalam bentuk permodalan. Permodalan ini digunakan untu membantu usaha yang dijakankan mustahik dengan menggunakan zakat mal karena tidak ada batasan waktu dalam penyaluran dan dapat dikelola kapan saja. Maka dana zakat dapatdiberikan kepada mustahik yang memerlukan. Di samping itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui evaluasi pada program pendayagunaan zakat melalui program gapoktan yang diberikan oleh Dompet Dhuafa.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Dompet Dhuafa menjalankan pendayagunaan zakat untuk memberdayakan ekonomi dan msyarakat dukuh Buku desa Bacem kecamatan kecamatan Jepon kabupaten Blora. Program Gapoktan berasal dari kunjungan dari pihak Dompet Dhuafa yang sedanga melakukan survei dari tempat ke tempat dan ternyata di dukuh Bulu tersebut seperti yang dicari sesuai dengan kriteria, kemudian melakukan sosialisasi menyampaikan maksud kedatanganya yang akan memberikan bantuan, tetapi dengan syarat yang harus dipenuhi yaitu diantaranya harus membentuk Gapoktan. Karena bantuan yang akan diberikan bukan merupakan bantuan langsung tunai yang diberkan secara cuma-Cuma yang terima kemudian dihabiskan, tetapi merupakan bantuan permodalan, ketika diberikan harus dikelola, dikembangkan sebagai modal usaha secara berkelanjutan. Jadi prgram Gapoktan akhirnya mendirikan Koperasi guna untuk mengamankan bantuan yang diberikan Dompet Dhuafa agar bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Koperasi menyediakan dan mengelola sara produksi pertanian (saprotan) seperti bibit, pupuk, dan sebagainya. Adapun setelah panen nanti dikembalikan kepada koperasi sebagai modal untuk usaha berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zakat; pendayagunaan, program gapoktan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:05
Last Modified: 03 Jan 2023 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18821

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics