Rekrutmen keanggotaan dan pembinaan keagamaan di Majelis Taklim dan Dzikir Ar-Rosyad Pedurungan Kidul Kota Semarang

Rizqi Maulana, Mochammad (2021) Rekrutmen keanggotaan dan pembinaan keagamaan di Majelis Taklim dan Dzikir Ar-Rosyad Pedurungan Kidul Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036150_MOCHAMMAD_RIZQI_MAULANA] Text (SKRIPSI_1601036150_MOCHAMMAD_RIZQI_MAULANA)
1601036150_M. Rizqi M_ full Skripsi - rizkim yakesar.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Untuk mengetahui rekrutmen keanggotaan dan pembinaan keagamaan di Majelis Taklim dan dzikir ar-rosyad pedurungan kidul Semarang, maka peneli menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan : 1) Teknik wawancara. Peneliti melakukan wawancara terhadap KH Rasyad. Teknik wawancara digunakan untuk mengetahui pembinaan keagamaandi majlis Taklim dan dzikir ar-rosyad pedurungan kidul Semarang. 2). Teknik observasi. Dalam hal ini penulis mencatat dan mengamati langsung kegiatan rekrutmen keanggotaandi majlis Taklim dan dzikir ar-rosyad pedurungan kidul Semarang. 3) Dokumentasi. Dalam mendapatkan data, penulis juga mengumpulkan dokumen-doumen tentang kegiatan rekrutmen keanggotaan dan pembinaan keagamaan di majlis Taklim dan dzikir ar-rosyad pedurungan kidul Semarang.
Adapun rekruitmen keanggotaan di majlis Taklim dan dzikir ar-rosyad pedurungan kidul Semarang menggunakanStrategi Kultur, dijadikan sebagai strategi untuk meningkatkan anggota baru dengan pola turun temurun dari keluarga yang sudah menjadi anggota Majlis Taklim Dan Dzikir Ar-Rosyad Pedurungan Kidul Kota Semarang.Strategi Natural, dijadikan sebagai strategi untuk mendapatkan anggota baru, yaitu orang-orang yang sudah menjadi anggota maupun alumni anggota Majlis Taklim Dan Dzikir Ar-Rosyad Pedurungan Kidul Kota Semarang. Sedangkan pembinaan keagamaan di majlis Taklim dan dzikir ar-rosyad pedurungan kidul Semarangmenggunakan: 1) pengajian rutin seperti: a) pembinaan akidah, b) pembinaan akhlak, c) pembinaan ibadah; 2) membaca Al-qur’an bersama (semakan); 3) peringatan Maulid nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rekrutmen; pembinaan keagamaan; majlis taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:16
Last Modified: 03 Jan 2023 03:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18825

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics