Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam peningkatan kompetensi pedagogik melalui program pelatihan literasi digital pada guru PAI SD di Kradenan Grobogan

Fajriantika, Salma (2022) Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam peningkatan kompetensi pedagogik melalui program pelatihan literasi digital pada guru PAI SD di Kradenan Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016170_Salma Fajriantika_Lengkap] Text (Skripsi_1803016170_Salma Fajriantika_Lengkap)
1803016170_Salma Fajriantika_Full_Skripsi - Salma Fajriantika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pelatihan literasi digital yang dilaksanakan oleh KKG PAI Kradenan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada guru PAI SD di Kradenan Grobogan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Pengawas PAI SD Kradenan Grobogan, Pengurus dan anggota KKG PAI SD di Kradenan Grobogan. Pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan dalam pelatihan literasi digital berupa; pengenalan media digital, pengomunikasian konten digital, praktek mengunduh, pembuatan konten digital dan praktek berbagi konten digital dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi digital seperti google classroom, aplikasi google meet, zoom meeting, whatsapp dan Youtube sebagai media proses pembelajaran PAI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan program literasi digital sebesar 80%, tidak berhasil 100% dikarenakan yang 20% untuk guru yang dianggap kemampuan ITnya masih rendah. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Kegiatan pelatihan literasi digital KKG mampu meningkatkan Kompetensi pedagogik guru PAI SD di Kradenan Grobogan. Kemampuan literasi digital guru jauh lebih baik dalam mengembangkan pembelajaran kearah sistem digital sebagai media pembelajaran PAI dibandingkan sebelum mengikuti pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kelompok Kerja Guru; Kompetensi pedagogik; Literasi digital; Pendidikan agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:29
Last Modified: 02 Jan 2023 02:29
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18841

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics