Studi komparasi hasil belajar antara model problem-based learning dan model konvensional pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII Di SMP N 2 Patebon Kendal

Rohmah, Ifa Datur (2022) Studi komparasi hasil belajar antara model problem-based learning dan model konvensional pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII Di SMP N 2 Patebon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016173_Ifa Datur Rohmah_Lengkap] Text (Skripsi_1803016173_Ifa Datur Rohmah_Lengkap)
1803016173_Ifa Datur Rohmah_Full_Skripsi - Ifa Datur Rohmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang studi komparasi hasil belajar antara model Problem-Based Learning dengan model konvensional pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas VII di SMP N 2 Patebon Kendal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Patebon Kendal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) dan menggunakan model Konvensional. Disamping itu juga untuk mengetahui perbedaan, hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 Patebon Kendal mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan model Problem-Based Learning (PBL) dan menggunakan model Konvensional.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dengan analisis deskriptif. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design (eksperimen yang semu). Rancangan penelitian ini menggunakan desain Posstest-Onlycontrol Design. Data penelitian yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis komparasi dengan rumus t-test. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran PAI dengan menggunakan model Probem-Based Learning mendapatkan hasil yang lebih tinggi atau termasuk kategori “Baik”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 75,31. (2) Pembelajaran PAI dengan menggunakan model konvensional mendapatkan hasil yang lebih rendah atau termasuk kategori “Sedang/Cukup”. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata yaitu 70,31. (3) Dari analisis uji hipotesis diperoleh nilai t_hitung = 2,154 nilai ini kemudian setelah dibandingkan dengan t_tabel dengan dk = 62 yaitu 1,998 maka taraf signifikan α=5%. Dari perhitungan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan positif signifikan hasil belajar model Problem-Based Learning (PBL) dengan model Konvensional pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII di SMP N 2 Patebon Kendal. Dengan kata lain model Problem-Based Learning berpengaruh posistif terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model problem-based learning; Model konvensional; Hasil belajar; Pendidikan agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Jan 2023 02:28
Last Modified: 02 Jan 2023 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18844

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics