Tinjauan hukum pidana positif dan hukum pidana Islam terhadap kejahatan pelecahan seksual di Indonesia

Sholatul, Laely (2021) Tinjauan hukum pidana positif dan hukum pidana Islam terhadap kejahatan pelecahan seksual di Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1402026119_SHOLATUL_LAELY] Text (SKRIPSI_1402026119_SHOLATUL_LAELY)
1402026119_Sholatul Laely_SKRIPSI FULL LAELY - SHOLATUL LAELY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pelecehan seksual merupakan perbuatan yang tidak diinginkan oleh siapapaun karena termasuk perbuatan yang tidak dibenarkan dalam hukum positif yang berlaku di Indonesia dan hukum pidana Islam. Pelecehan seksual diera sekarang tidak memandang bulu dapat terjadi oleh semua orang baik itu laki-laki, perempuan, dewasa, tua-muda bahkan bisa menyerang anak-anak dibawah umur yang masih dilindungi oleh payung hukum. Tindakan pelecehan seksual merupakan mengintimidasi lawan yang lemah serta merendahkan harkat dan martabat seseorang.
Penelitian ini hendak mencari jawaban atas dua permasalahan, yaitu: 1) Bagaimanakah tinjauan hukum pidana positif terhadap kejahatan pelecehan seksual yang dilakukan oleh di Indonesia? 2) Bagaimanakah tinjauan hukum Islam terhadap kejahatan pelecehan seksual yang dilakukan oleh di Indonesia?
Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (Library research) dengan menggunakan metode dekriptif analisis dimana data yang diperoleh dari sumber data primer yaitu literatur yang berkaitan dengan tindak kejahatan pelecehan seksual. Adapun bahan pelengkap dari kitab-kitab fiqh yang terkait.
Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Kejahatan pelecehan seksual yang belum memiliki kekuatan hukum yang pasti berkaitan dengan pelecehan seksual non-fisik yang masih dianggap biasa karena belum adanya Undang-Undang yang mengatur secara tegas pelecehan seksual non-fisik. 2) pelecehan seksual dalam hukum Islam termasuk dalam jarimah ta’zir yang penjatuhan hukumannya ditetapkan oleh penguasa yang berupa hukuman baik itu didera ataupun diasingkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pelecehan seksual; Hukum pidana positif; Hukum pidana Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 06 Jan 2023 07:38
Last Modified: 06 Jan 2023 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18858

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics