Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan sistem marketing haji dan umroh di KBIH Raudhlatusy Syarifah Al-Mufti Semarang
Aisyah, Siti (2014) Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan sistem marketing haji dan umroh di KBIH Raudhlatusy Syarifah Al-Mufti Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
092311054_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (452kB) | Preview
092311054_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (87kB) | Preview
092311054_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (110kB) | Preview
092311054_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (215kB) | Preview
092311054_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (53kB) | Preview
092311054_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (19kB) | Preview
092311054_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (16kB) | Preview
Abstract
Sistem marketing yang diterapkan KBIH Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti menarik untuk dikaji karena sistem penjualan bertingkat yang dipraktekkan mengarah pada Multi Level Marketing. Pelaksanaan sistem marketing di KBIH Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti memungkinkan adanya unsur penipuan karena di dalam pelaksanaannya downline tidak diberi kepastian untuk berangkat haji/ umrah. Rumusan masalah skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan sistem marketing di KBIH Raudhlatusy Syarifah Al-Mufti dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem marketing di KBIH Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksanaan sistem marketing di KBIH Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti dan hukum Islam tentang pelaksanaan sistem marketing sistem marketing di KBIH Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi beberapa pihak, diantaranya memberikan manfaat positif bagi KBIH Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti yang menjadi subyek penelitian dan jasa layanan haji dan umrah pada umumnya untuk selalu mencermati keselarasan implementasi marketingnya sesuai dengan norma- norma syariah atau hukum Islam.
Jenis penelitian ini dilihat dari objeknya termasuk penelitian lapangan atau field research yang dilakukan di KBIH Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti. Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem marketing yang diterapkan dalam KBIH Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti adalah seperti Multi Level Marketing yang dipakai perusahaan pada umumnya karena pola struktur leveling itu digunakan oleh Raudhlatusy Syarifah Al- Mufti hanya sebagai sistem acuan dalam menghitung bonus yang menjadi hak konsumen perekrut. Menurut analisis hukum Islam, sistem marketing yang diterapkan dalam Raudhlatusy Syarifah ini belum memenuhi ketentuan hukum Fatwa tentang PLBS ( Penjualan Langsung Berjenjang Syari’ah) No: 75/DSN MUI/VII/2009 dan terdapat unsur penipuan karena didalam pelaksanaannya downline tidak diberi kepastian untuk berangkat haji/umrah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hukum Islam; Marketing Haji dan Umroh |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Apr 2014 04:03 |
Last Modified: | 10 Apr 2014 04:03 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1888 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year