Strategi pengembangan life skill santri melalui program muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa Putra : studi pada Pondok Pesantren Attaqwa Putra Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi

Mohamad, Haikal (2022) Strategi pengembangan life skill santri melalui program muhadharah di Pondok Pesantren Attaqwa Putra : studi pada Pondok Pesantren Attaqwa Putra Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701046029_MOHAMAD_HAIKAL] Text (SKRIPSI_1701046029_MOHAMAD_HAIKAL)
1701046029_Mohamad Haikal_naskah skripsi Lengkap - Mohamad Haikal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang tumbuh dan berkembang pesat hingga saat ini, namun pada fase perkembangan kondisi pondok pesantren tidak kalah jauh dengan lembaga-lembaga pendidikan umum lainnya. Bahkan dahulu lulusan dari pesantren dianggap pemikirannya tidak modern dan hanya mengetahui pendidikan islam saja. Oleh karena itu pondok pesantren saat ini berorientasikan pada pengembangan life skill guna mentransformasikan keilmuannya dengan perkembangan masa. Upaya mengembangkan life skill di pondok pesantren untuk mengarah pada pencetakan santri yang berpotensi dibutuhkan strategi pengembangan yang matang, sehingga out put dari pondok pesantren sanggup diandalkan serta paling tidak sanggup mengenali lebih jauh terhadap pola-pola yang dikembangkan dalam mentransformasikan modul keilmuan apa saja guna menghasilkan serta memberdayakan kemampuan. Khususnya pesantren Attaqwa mengembangkan life skill santri melalui program muhadharah melatih komunikasi santri dan menguji kemampuan santri dalam meningkatkan bahasa.
Rumusan masalah berupa: 1) Bagaimana starategi pengembangan life skill santri melalui program muhadharah di pondok pesantren Attaqwa?, 2) Bagaimana hasil strategi dalam mengembangkan life skill santri melalui program muhadharah yang dilakukan pondok pesantren Attaqwa?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah data terkumpul peneliti menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut: 1) mengacu pada teori Kotten yaitu strategiorganisasi (Corporate Strategi) dalam penelian ini sehingga dapat mengimplementasikan strategi pengembangan life skill santri melalui program muhdahrah dipondok pesantren Attaqwa putra yakni: pelatihan, pembimbingan, pemberian motivasi, penghargaan. 2) hasil strategi dalam pengembangan life skill santri melalui program muhadharah yaitu: kecakapan personal, kecakapan sosial,kecakapan akademik, dan kecakapan vokasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; life skill; muhadharah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:09
Last Modified: 03 Jan 2023 06:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18881

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics