Dakwah melalui media sosial tiktok : analisis media siber pada akun Tiktok @syam_elmarusy

Izzaturrizqiana, Izzaturrizqiana (2022) Dakwah melalui media sosial tiktok : analisis media siber pada akun Tiktok @syam_elmarusy. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801026060_IZZATURRIZQIANA] Text (SKRIPSI_1801026060_IZZATURRIZQIANA)
1801026060_IZZATURRIZQIANA_TUGAS AKHIR LENGKAP - Izzaturrizqiana UIN Walisongo(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (22MB)

Abstract

Tiktok merupakan sosial media yang memiliki sebuah identitas berupa platform dari video musik yang dapat dibuat, diedit dan dibagikan dalam bentuk video berdurasi pendek dilengkapi fitur filter dan music. Pemanfaatan Tiktok sebagai media dakwah sudah banyak dilakukan oleh para da’i di Indonesia dan salah satunya yakni Ustaz Syam dengan username @syam_elmarusy.
Tujuan dari penelitan ini adalah mengetahui proses dakwah ditinjau dengan analisis media siber pada akun Tiktok @syam_elmarusy. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian etnografi virtual milik Cristine Hine. Penelitian ini menggunakan analisis media siber sebagai analisis penelitiannya. Terdapat empat level dalam analisis media siber yang diteliti dalam penelitian ini, yakni ruang media (media space), dokumen media (media archive), objek media (media object) dan pengalaman (experience).
Hasil dari penelititan ini menunjukan bahwa adanya proses dakwah pada akun Tiktok @syam_elmarusy di dalamnya yang dibuktikan dengan level-level yang ada pada analisis media siber. Pada level ruang media (media space), akun Tiktok @syam_elmarusy mengikuti prosedur yang ada dalam pembuatan akun dan pemublikasian video Tiktok, sehingga video dakwah tersebut dapat dikonsumsi oleh pengguna Tiktok lainnya. Dengan tagline “Jamaah al-tiqtoqiyahku yang terlope lope” membuat para mad’u lebih tertarik terhadap konten dakwah yang ada pada akun Tiktok @syam_elmarusy. Pada level dokumen media (media archive), video-video pada akun Tiktok @syam_elmarusy mengandung pesan dakwah (maddah) di dalamnya yakni aqidah, syariah dan akhlaq. Pada level objek media (media object), telah terjadi komunikasi yakni interaksi berupa komentar, likes, simpan dan dibagikan di setiap video dakwah pada akun Tiktok @syam_elmarusy. Pada level pengalaman (experience) menunjukan bagaimana realitas yang ada antara dunia maya dan juga dunia nyata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media dakwah ; Tiktok; Analisis Media siber; Akun Tiktok @syam_elmarusy
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:56
Last Modified: 02 Feb 2023 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18910

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics