Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Jembangan Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen

Luthfiah, Leni (2022) Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata Jembangan Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046041_LENI_LUTHFIAH] Text (SKRIPSI_1801046041_LENI_LUTHFIAH)
Skripsi Lengkap Leni luthfiah 1801046041 - Leni Luthfiah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan keikutsertaan seseorang maupun kelompok orang dalam masyarakat dan mengambil suatu peran dalam suatu kegiatan baik perencanaan maupun pelaksanaan suatu kegiatan. Partisipasi masyarakat memiliki posisi yang sangat penting terhadap keberhasilan suatu program pembangunan. Semakin baik partisipasi masyarakat maka semakin baik hasil pembangunan suatu program. Salah satu program pembangunan melalui desa wisata. Sektor pariwisata yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat sekarang tidak hanya dijumpai di kota melainkan juga di desa. Untuk itu keberadaan program desa wisata menjadi salah satu motor penggerak kemajuan desa. Akan tetapi, program desa wisata tentunya akan berjalan dengan baik apabila dibarengi dengan adanya partisipasi masyarakat yang baik.
Desa Wisata Jembangan adalah salah satu desa di Kecamatan Poncowarno Kabupaten Kebumen. Dalam pengembangan desa wisata masyarakat ikut berpartisipasi dalam pengembangan desa wisata. Sehingga peneliti ingin mengetahui bagaimana bentuk-bentuk partisipasi dan hasil dari adanya partisipasi masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Jembangan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dan menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah masyarakat telah melakukan bentuk-bentuk partisipasi seperti partisipasi dalam bentuk ide, partisipasi dalam bentuk uang atau benda, partisipasi dalam bentuk tenaga, dan partisipasi dalam bentuk keterampilan. Hasil bentuk-bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata ini menunjukkan Pertama, adanya partisipasi dalam bentuk uang atau harta benda menghasilkan spot foto yaitu tulisan JWA (Jembangan Wisata Alam) dan Peningkatan Wisata. kedua, adanya partisipasi dalam bentuk sumbangan ide atau pikiran, pada partisipasi ini memberikan ide pemasaran desa wisata melalui akun media sosial yaitu Facebook, Instagram, TikTok, dan website. Ketiga, Partisipasi dalam bentuk Tenaga. Dalam hal ini masyarakat ikut berpartisipasi dalam bentuk tenaga yaitu dengan mengadakan kerja bakti atau gotong-royong dalam pembuatan jalan sebagai akses menuju tempat wisata dan juga fasilitas pendukung lainnya yang mendukung desa wisata. Keempat, Partisipasi dalam bentuk Keterampilan. Dalam hal ini masyarakat Desa Jembangan yang mempunyai keterampilan sehingga terbentuknya pintu gerbang atau pintu masuk dermaga perahu yang dibuat menggunakan batang kayu atau pohon yang disusun rapi dsan diberi tulisan dengan menggunakkan cat berwarna putih. Kelima, memberikan peluang kerja bagi masyarakat Desa Jembangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Desa Wisata; Pembangunan; Program
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 02 Feb 2023 03:03
Last Modified: 02 Feb 2023 03:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18911

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics