Implementasi pengelolaan dana desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu

Rachma, Jahra Jaen (2022) Implementasi pengelolaan dana desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046045_RACHMA_JAHRA_JAEN] Text (SKRIPSI_1801046045_RACHMA_JAHRA_JAEN)
1801046045_RACHMA JAHRA JAEN_LENGKAP TUGAS AKHIR - Rachma Jahra Jaen 045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa yaitu dana untuk desa dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang disalurkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Pemerintah Daerah untuk mendanai prioritas kebutuhan masyarakat dan mempunyai potensi berguna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pengelolaan Dana Desa tersebut harus sesuai dengan peraturan Permendagri dan Permendes, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dalam mensejahterakan masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Bagaimana tahapan implementasi pengelolaan Dana Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pengelolaan Dana Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu.
Tujuan penelitian untuk mengetahui tahapan implementasi pengelolaan Dana Desa serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pengelolaan Dana Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif data yang diperoleh dengan metode natural di lokasi penelitian, dan pendeskripsian dengan narasi dan gambar. Sumber dan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung dalam menggali data. Analisis data yang digunakan, meliputi reduksi dan penyajian data, kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tahapan implementasi pengelolaan Dana Desa dalam mensejahterakan masyarakat di Desa Jatibarang Baru Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu telah terlaksana secara tertib melalui perencanaan anggaran, pelaksanaan, penatausahaan, dan pelaporan pertanggung jawaban. Faktor penghambat dan pendukung implementasi pengelolaan keuangan Dana Desa. Faktor pendukung yaitu sumber daya alam melimpah dalam pertanian dan peternakan, masyarakat memiliki semangat tinggi gotong royong dan dalam mengatasi permasalahan, kader lembaga kemasyarakatan/ kesehatan aktif menunjang pembangunan non fisik, kerjasama yang baik dari Pemerintah Desa dalam pengelolaan Dana Desa. Faktor penghambat yaitu kepemerintahan desa masih baru dan beradaptasi sehingga masih ada keterlambatan dalam pengelolaan teknis dan penyaluran Dana Desa, masih kurangnya pemahaman Pemerintah Desa dalam pengelolaan Dana Desa, ketentuan pemerintah pusat dalam pelaporan keuangan cukup merepotkan, dan peraturan yang selalu berubah-ubah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Dana desa; Kesejahteraan masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:10
Last Modified: 10 Jan 2023 01:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18918

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics