Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang

Maghribi, M. Ravi Afnan Dirgantara (2022) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046053_M_RAVI_AFNAN_DIRGANTARA_MAGHRIBI] Text (SKRIPSI_1801046053_M_RAVI_AFNAN_DIRGANTARA_MAGHRIBI)
1801046053_Ravi_Lengkap Tugas Akhir - Ravi Afnan (Semarang).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Munculnya pemukiman kumuh di perkotaan merupakan sebuah permasalahan yang sering dihadapi sejumlah Kota besar di Indonesia. Miningnya penyediaan sarana dan prasarana di pemukiman kumuh umumnya dilatarbelakangi oleh permasalahan legalitas pemukiman tersebut, sehingga berdampak kepada semakin turunnya kualitas lingkungan pemukiman. Sebagai contoh dengan tidak tersedianya sarana persantahan maka masyarakat akan cenderung mencemari pemukiman dengan sampah sehingga timbulan sampah ada akan terongok teronggok di setiap sudut permukiman.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan sampah Di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan semarang Utara Kota Semarang dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan sampah Di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan semarang Utara Kota Semarang, Jenis penelitian ini adalah kualitatif dan pendekatan penelitian Field Research. Teknik Pengumpulan Data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah Data Reduction (Reduksi Data) dan Conclusion (Kesimpulan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan sampah Di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang diantaranya: Masyarakat antusias dalam berpartisipasi dalam pengelolaan sampah., Remaja yang terkumpul dalam Karanng Taruna sebagai pengelolaan sampah dan Pengelolaan sampah berjalan dengan baik. Kedua Faktor penghambat dalam Pengelolaan sampah di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang diantaranya Kurangnya sumberdaya manusia yang siap terjun dalam pengelolaan sampah, Kurangnya kendaraan operasional dan Kurangnya lahan sebagai penampungan sementara. Faktor pendukung dalam Pengelolaan sampah di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang diantaranya partisipasi Masyarakat yang tinggi dan adanya dukungan dari pengelola sampah Bandarharjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi; Masyrakat; Pengolaan Sampah
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 13 Feb 2023 10:41
Last Modified: 13 Feb 2023 10:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18923

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics