Metode dakwah Ustadz Halim Ambiya pada akun instagram @tasawufunderground

Fajrin, Shofa (2022) Metode dakwah Ustadz Halim Ambiya pada akun instagram @tasawufunderground. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801026128_SHOFA_FAJRIN] Text (SKRIPSI_1801026128_SHOFA_FAJRIN)
1801026128 SHOFA FAJRIN SKRIPSI FINAL - Shofa Fajrin UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan dakwah pada masa kini dapat disampaikan melalui media sosial, salah satunya yakni instagram, dakwah melalui instagram dapat berupa konten foto atau gambar dan video maupun memanfaatkan fitur-fitur instagram sehingga mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pesan dakwah. Salah satu akun dakwah di instagram ialah akun @tasawufunderground yang berisikan postingan kajian-kajian Islam mengenai tasawuf dan sebagai forum komunikasi keagamaan dan sekaligus wadah bagi masyarakat yang ingin mempelajari tentang agama Islam khususnya belajar tasawuf melalui media sosial, hal tersebut menjadikan tujuan tasawufunderground untuk mengenalkan kembali agama Islam serta mengubah stigma buruk masyarakat kepada anak punk.
Jenis penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan pengumpulan data analisis isi (content analysis) data primer diperoleh dari 15 vidio @tasawufunderground tahun 2021 dan teknik pengumpulan data dokumentasi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode dakwah Ustadz Halim Ambiya pada akun instagram @tasawufunderground.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode dakwah Ustadz Halim Ambiya pada akun instagram @tasawufundeground menggunakan metode dakwah bil hikmah, mauizah hasanah, mujadalah. Metode dakwah bil hikmah dengan cara dakwah bil lisan, bil qolam dan bil hal. Cara dakwah bil lisan melalui percakapan langsung mengggunakan gestur tubuh dan bahasa yang lembut, dakwah bil qolam pada tulisan caption dengan menggunakan bahasa yang lembut dan dakwah bil hal dengan pemberdayaan ekonomi dan pengembangan skill dan lapangan pekerjaan seperti, laundry, sablon, cafe tasawufunderground pada video yang diunggah. Mauizah hasanah dengan cara dakwah bil lisan secara langsung dalam video yang diunggah dengan pembelajaran dan perkataan langsung oleh Ustadz Halim Ambiya, sedangkan mujadalah dengan cara dakwah bil lisan melalui tanya jawab dan diskusi pada video yang diunggah. Dengan adanya video kegiatan dakwah Ustadz Halim Ambiya diharapkan masyarakat dan anak milenial dapat memahami makna pesan yang terdapat dalam sebuah video yang diunggah serta dapat mengubah stigma buruk anak punk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Dakwah; Tasawuf Uderground; Konten Instagram.
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 070 News media, journalism, publishing
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Dhenya Magang 2022
Date Deposited: 13 Feb 2023 10:49
Last Modified: 13 Feb 2023 10:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18925

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics