Pemberdayaan masyarakat melalui Program TPS 3R di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan

Ayu Lestari, Adia (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui Program TPS 3R di Kelurahan Pondok Ranji Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046057_ADIA_AYU_LESTARI] Text (SKRIPSI_1801046057_ADIA_AYU_LESTARI)
1801046057_Adia Ayu Lestari_Full Skripsi - Adia Ayu Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Reycle (TPS 3R) adalah tempat dilakukannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang dan pendauran ulang sampah pada skala kawasan atau komunal. TPS ini berfungsi sebagai wadah masyarakat Kota Tangerang Selatan untuk membuang sampah-sampahnya sebelum ke TPA. Tujuan dibanggunnya anggar TPS 3R Asri Ramah Damai adalah untuk mengurangi sampah yang berserakan di jalan maupun di lingkungan kelurahan Pondok Ranji. Selain itu, dengan adanya anggar TPS 3R Asri Ramah Damai dapat menjadi lapangan pekerjaan bagi sebagian masyarakat di kelurahan Pondok Ranji melalui program pemberdayaan masyarakat pada bidang lingkungan.
Rumusan masalah pada penelitian ini (1) bagaimana tahapan dari pemberdayaan masyarakat melalui program TPS 3R Asri Ramah Damai, (2) bagaimana hasil dari pemberdayaan masyarakat melalui program TPS 3R Asri Ramah Damai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tahapan pemberdayaan masyarakat dan mengetahui hasil pemberdayaan masyarakat melalu program TPS 3R Asri Ramah Damai. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di TPS 3R Asri Ramah Damai mendapatkan tahapan pemberdayaan masyarakat dari 7 (tujuh) tahapan pemberdayaan yang dikemukakan oleh Isbandi Rukminto Adi hanya 6 (enam) tahapan pemberdayaan yang terlaksana di TPS 3R Asri Ramah Damai yaitu: (1) tahapan persiapan (2) tahapan pengkajian, (3) tahapan perencanaan, (4) tahapan formulasi rencana aksi, (5) tahapan implementasi, dan (6) tahapan evaluasi. Pada tahapan terminasi/ tahap belum terlaksana. Adapun hasil pemberdayaan masyarakat melalui program TPS 3R Asri Ramah Damai sebagai berikut: (1) Tercovernya sampah di lingkungan, (2) menghasilkan pupuk kompos dan media tanam (3) perubahan perilaku masyarakat, (4) Tersedianya lapangan pekerjaan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Tempat pengelolaan sampah; Reduce; Recycle (TPS 3R)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 10 Jan 2023 01:37
Last Modified: 10 Jan 2023 01:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18929

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics