Pengembangan soft skill pemuda melalui home industry dipajangID di Desa Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak

Ahmad, Syaiful Aziz (2022) Pengembangan soft skill pemuda melalui home industry dipajangID di Desa Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046058_AHMAD_SYAIFUL_AZIZ] Text (SKRIPSI_1801046058_AHMAD_SYAIFUL_AZIZ)
Ahmad Syaiful Aziz_1801046058_ Tugas Akhir - Ahmad Anjis.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pemuda sebagai konstruksi sosial tidak terlepas dari konteks sosio-kultural yang melingkupinya yang menjelaskan bahwa pemuda muncul sebagai kategori yang baru dalam masyarakat sebagai respon terhadap perubahan sosial yang dimotori oleh kapitalisme, industrialisasi, dan urbanisasi. Sementara itu salah satu home industry yang ada Desa Mranggen yaitu dipajangID yang bergerak di sektor produksi hiasan dinding. Mnculnya home industry dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat, mengurangi angka pengangguran serta diharapkan dapat mengembangkan keterampilan masyarakat dengan menciptakan individu yang terampil, mandiri dalam meningkatkan taraf hidup masyarakt.
Rumusan masalah pada dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana proses pengembangan soft skill pemuda melalaui home indusrtry dipajangID di Desa Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak? 2). Bagaiman hasil pengembangan soft skill pemuda melalui home indusrtry dipajangID di Desa Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak?. Tujuan dari penelitian ini adalah? Untuk mengetahui proses pengembangan soft skill pemuda melalaui home indusrtry dipajangID di Desa Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak.Untuk mengetahui hasil pengembangan soft skill pemuda melalaui home indusrtry dipajangID di Desa Mranggen Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak. Untuk menjelaskan proses pengembangan kreativitas home industry di Desa Mranggen kecamatan Mranggen Kabupaten Demak dengan beberpa tahapan: 1. Tahap pemyadaraan, tahap pengkapasitasan, tahap pendayaan, tahap pelaksanaan tindakan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara dan dokumentasi, kemudian menggunakan teknik analisis data.
Berdasarakan hasil yang telah dicapai dari proses pengembangan masyarakat melalui kreativitas usaha home industry dipajangID beberapa hasil yang diperoleh sebagai berikut: Meningkatnya soft skill keterampilan, sifat tanggungjawab, kejujuran, kerjasama tim, visioner. pengetahuan dan pengalaman pemuda dalam industry rumahan, meman masyrakatbuka lapangan pekerjaan yang sebelumnya kebanyakan pemuda pengangguran dan melakukan urbanisasi, meningkatkan pendapatan masyarakat, memberikan isnpirasi kepada pemuda untuk berinovasi dan bersemngat untuk memajukan Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan pemuda; Soft skill; dipajangID
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Elfinka Magang 2022
Date Deposited: 09 Jan 2023 03:48
Last Modified: 09 Jan 2023 03:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18931

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics