Rancang bangun aplikasi Siwak Walisongo dengan metode hisab awal waktu salat dalam kitab Tsimarul Murid

Mu’amar, Alwan (2022) Rancang bangun aplikasi Siwak Walisongo dengan metode hisab awal waktu salat dalam kitab Tsimarul Murid. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_] Text (Skripsi_)
1702046082_ALWAN MU_AMAR_SKRIPSI FULL - John Alwan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam menentukan awal waktu salat pastinya diperlukan perhitungan yang tepat dan cepat. Seiring berkembangnya teknologi saat ini, metode perhitungan klasik masih kurang efektif jika digunakan sewaktu-waktu, maka dari itu penulis berinisiatif untuk menyusun sebuah aplikasi waktu salat berbasis android. Dengan mengacu pada kitab Tsimarul Murid karya Ali Mustofa dan pengguna nantinya cukup dengan mengaktifkan gps untuk bisa mengetahui awal waktu salat serta klasifikasi keutamaan waktu salat menurut perspektif fiqih.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meneliti rancang bangun aplikasi waktu salat Siwak Walisongo dengan menggunakan kitab Tsimarul Murid dengan pemrograman berbasis Android Studio dan mengetahui hasil uji fungsionalitas dan uji verifikasi aplikasi salat Siwak Walisongo sebagai aplikasi penentuan waktu salat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian metode kualitatif dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (research and development). Sumber data penelitian ini berasal dari hisab awal waktu salat kitab Tsimarul Murid yang diolah dengan Android Studio. Metode pengumpulan data, yakni studi pustaka atau library research. Sedangkan analisis datanya menggunakan metode deskriptif dan komparatif
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, tahapan pembuatan aplikasi berbasis android mengacu pada kitab Tsimarul Murid dengan klasifikasi keutamaan waktu salat. Kedua, hasil uji fungsionalitas tersebut disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat dijalankan pada semua sistem operasi tipe android. Hasil uji akurasi perhitungan aplikasi ini dikomparasikan dengan perhitungan waktu salat milik Bimas Islam Kementrian Agama RI dan website LF PBNU dengan rata-rata selisih waktu tidak lebih dari 2 – 3 menit. Hasil perhitungan aplikasi SIWAK Walisongo ini masih ditoleransi dan dapat digunakan sebagai alternatif dalam perhitungan waktu salat dengan metode hisab kontemporer.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu salat; Siwak walisongo; Tsimarul murid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.36 Special days of Islam. Saum Ramadhan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Jan 2023 03:51
Last Modified: 12 Jan 2023 03:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18982

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics