Uji komparasi waktu salat dalam aplikasi tabik ustadz versi 1.1.3 terhadap program accurate times

Nurussaadah, Annisa (2022) Uji komparasi waktu salat dalam aplikasi tabik ustadz versi 1.1.3 terhadap program accurate times. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046049_Annisa Nurussaadah_Lengkap] Text (Skripsi_1802046049_Annisa Nurussaadah_Lengkap)
1802046049_Annisa Nurussaadah_Lengkap Tugas Akhir - 6049 Annisa Nurussaadah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Salat adalah tiang agama yang diwajibkan bagi setiap umat Islam yang berakal untuk dilaksanakan dalam keadaan apapun. Salat satu syarat sahnya dilaksanakan saat masuknya waktu. Setiap waktu salat memiliki batasan waktu tersendiri yang telah ditentukan. Adanya ilmu hisab sebagai solusi untuk umat Islam dalam mengetahui waktu masuknya salat. Zaman serba digital saat ini semakin mudah untuk melihat jadwal waktu salat yang banyak disajikan dalam aplikasi android salah satunya aplikasi Tabik Ustadz yang dibuat oleh organisasi Wahdah Islamiyah.
Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui bagaimana sistem hisab awal waktu salat dalam aplikasi Tabik Ustadz serta bagaimana hasil komparasi jadwal waktu salat aplikasi Tabik Ustadz dengan program Accurate Times. Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif dengan data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan Ketua Komisi Rukyat dan Falakiyah, operator bidang IT Dewan Syariah, dan pengembang aplikasi Tabik Ustadz. Data tersebut kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan menguji keakurasian waktu salat Tabik Ustadz dengan program Accurate Times.
Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sistem hisab waktu salat Tabik Ustadz menggunakan algoritma waktu salat pada website praytimes.org dengan algoritma US Naval Observatory untuk menghitung data Matahari secara approximately. Komparasi antara algoritma Tabik Ustadz dan algoritma Accurate Times berdasarkan jumlah data yang diteliti yaitu waktu salat Subuh, Zuhur, Asar, Magrib, dan Isya di kota Pontianak, Sabang, dan Kupang rata-rata selisih yang terjadi adalah 14%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Algoritma waktu salat; Tabik ustadz; Accurate times
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Jan 2023 01:42
Last Modified: 12 Jan 2023 01:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18988

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics