Strategi fundraising berbasis online pada lembaga zakat dompet sosial madani Singaraja Bali

Herdiansyah, Wayan (2022) Strategi fundraising berbasis online pada lembaga zakat dompet sosial madani Singaraja Bali. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036068_WAYAN HERDIANSYAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701036068_WAYAN HERDIANSYAH_SKRIPSI LENGKAP)
1701036068_Wayan Herdiansyah_file skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Wayan Herdiansyah 1701036068. Penelitian ini berjudul “Strategi Fundraising online Pada Lembaga Zakat Dompet Sosial Madani Singaraja Bali”. Harta yang dimiliki oleh seseorang sebenarnya ada harta yang harus dikeluarkan atau dizakatkan bisa dalam bentuk uang, emas, hasil panen, peternakan. Pengumpulan, pengelolaan, penyaluran zakat dari masyarakat perlu adanya suatu wadah tentunya wadah yang terpercaya dan diakui pemerintahan seperti lembaga zakat Dompet Sosial Madani. Dompet Sosial Madani menggunakan strategi online dalam pengumpulan dana ZISWAF dan tak hanya online lembaga zakat Dompet Sosial Madani juga melakukan strategi langsung dalam pengumpulan dana ZISWAF. Pengumpulan dana melalui online lembaga zakat Dompet Sosial Madani melalui youtube, website, whatsapp, Instagram, tiktok, facebook, shoppepay, tokopedia, kita bisa.com, dana, transfer bank. Penelitian ini berfokus tentang bagaimana strategi fundraising online dan bagaimana evaluasi lembaga zakat Dompet Sosial Madani.
Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui lebih dalam lagi terkait strategi fundraising berbasis online pada lembaga zakat Dompet Sosial Madani dan untuk lebih mengetahui bagaimana penerapan strategi fundraising online dan evaluasinya dalam lembaga zakat Dompet Sosial Madani. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data primer sebagai sumber data utama, selain itu juga menggunakan data sekunder yang dapat memberikan data tambahan dan mendukung data primer. Kemudian untuk teknik pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setalah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan mengguakan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah Dompet Sosial Madani melakukan rapat strategi terlebih dahulu untuk merencanakan cara yang tepat dalam fundraising online sehingga memudahkan dalam upaya pengumpulan dana ZISWAF. Media-media online yang digunakan Dompet Sosial Madani adalah website, facebook, whatsapp, youtube, dan melakukan kerjasama dengan kita bisa.com. Dompet Sosial Madani melakukan rapat evaluasi pekanan, bulanan dan tahunan melalui media online seperti whatsapp, zoom untuk mengetahui kendala-kendala yang ada. Kendala yang ditemui dalam penerapan strategi fundraising online yakni, masih kurangnya kepercayaan masyarakat dalam pengumpulan ZISWAF melalui lembaga, masih kurangnya kepemahaman masyarakat terkait pembayaran zakat melalui online, adanya sistem mutasi bagi karyawan pemerintahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi fundraising online; Lembaga zakat; Dompet sosial
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:43
Last Modified: 24 Jan 2023 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19023

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics