Tinjauan hukum Islam terhadap praktik gadai pada gadai peroangan : studi kasus di Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang

Rizqy, Wildan Maulana (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik gadai pada gadai peroangan : studi kasus di Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036011_Wildan Maulana Rizqy_Lengkap] Text (Skripsi_1502036011_Wildan Maulana Rizqy_Lengkap)
1502036011_Wildan Maulana Rizqy_Tugas AKhir - Wildan Maulana R.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Gadai merupakan suatu transaksi yang sering dilakukan oleh masyarakat, dimana transaksi gadai merupakan salah satu ketegori dari perjanjian utang –piutang yang mana dalam perjanjian tersebut membutuhkan suatu barang atau jaminan untuk mendapatkan suatu kepercayaan. Berkaitan dengan barang gadaian atau barang jaminan tentu tidak akan lepas dari unsur syarat – syarat sah yang diajarkan oleh agama Islam agar terciptanya tranksaksi yang sempurna. Dari latar belakang ini penulis tertarik untuk mencoba mengkaji lebih dalam yang dituangkan ke dalam judul skripsi “ Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Gadai Sepeda Motor pada Gadai Peorangan “ ( studi kasus di Kelurahan Penggaron Kidul Kecamatan Pedurungan Kota Semarang) dengan merumuskan masalah mengenai bagaimana praktik gadai dengan jaminan sepeda motor pada penggadaian perorangan, kemudian di analisis menggunakan hukum Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research).Untuk mendapatkan data yang valid, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu dengan melakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data.
Hasil penelitian bahwasanya praktik gadai dengan jaminan sepeda motor pada gadai perorangan ini dalam praktik yang terjadi masih terdapat adanya unsur -unsur yang menjadikan tranksaksi gadai menjadi tidak sempurna, seperti terdapat adanya syarat yang terdapat di dalam objek barang jaminan yang di gunakan serta adanya pemanfaatan barang. Meksipun sudah terdapat adanya transaksi yang sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh agama Islam .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gadai; Sepeda motor; Gadai perorangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:46
Last Modified: 19 Jan 2023 01:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19024

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics