Strategi pendistribusian zakat, infaq, shodaqoh (ZIS) melalui program “baznas brebes peduli” di masa pandemi : studi kasus baznas Kabupaten Brebes)

Janah, Thoriqotul (2022) Strategi pendistribusian zakat, infaq, shodaqoh (ZIS) melalui program “baznas brebes peduli” di masa pandemi : studi kasus baznas Kabupaten Brebes). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701036119_THORIQOTL JANAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701036119_THORIQOTL JANAH_SKRIPSI LENGKAP)
1701036119_Thoriqotul Janah_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Nama: Thoriqotul Janah, NIM 1701036119. Suatu lembaga atau organisasi tidak akan berhasil jika tidak mempunyai strategi yang baik untuk menyusun suatu perencanaan di setiap kegiatannya. Dalam pengelolaan zakat dibutuhkan suatu strategi supaya dapat mendistribusikan dana zakat yang tepat sasaran serta sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tanpa adanya strategi yang bagus, suatu organisasi ataupun pekerjanya tidak akan berhasil secara maksimal, terlebih pada masa pandemi saat itu. Mengingat pentingnya strategi dalam pendistribusian zakat, infaq dan shodaqoh, skripsi ini fokus terhadap implementasi strategi pendistribusian Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) melalui program “BAZNAS Brebes Peduli” di masa pandemi dan hasil dari implementasi strategi pendistribusian tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui implementasi zakat, infaq dan shodaqoh melalui program “BAZNAS Brebes Peduli” di masa pandemi. 2) Untuk mengetahui hasil implementasi strategi pendistribusian zakat, infaq dan shodaqoh melalui “BAZNAS Brebes Peduli” di masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Jenis dan sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Dengan teknik pengambilan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam uji keabsahan data penelitian ini menggunakan uji kredibelitas dengan triangulasi. Serta teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, display data, konklusi dan verifikasi.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Implementasi strategi pendistribusian Zakat, Infaq, Shodaqoh (ZIS) melalui program “BAZNAS Brebes Peduli” di masa pandemi yaitu program “BAZNAS Brebes Peduli” lebih sering digunakan, kemudian penganggarannya lebih diprioritaskan untuk mustahik yang terdampak pandemi dan proses pendistribusiannya dibagi menjadi beberapa kelompok dalam harinya serta menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat untuk menghindari adanya kerumunan. 2) Hasil implementasi strategi pendistribusian zakat, infaq dan shodaqoh melalui program “BAZNAS Brebes Peduli” di masa pandemi yaitu BAZNAS Kabupaten Brebes sudah melaksanakan keterbiasaan dan membiasakan diri dengan empat kemampuan dasar diantaranya kemampuan berinteraksi, kemampuan mengalokasi, kemampuan monitoring dan kemampuan mengorganisasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pendistribusian; Zakat, Infaq dan Shodaqoh (ZIS); BAZNAS Brebes Peduli; Pandemi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:45
Last Modified: 24 Jan 2023 07:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19028

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics