Strategi pengembangan wisata religi “Makam Ki Ageng Selo” Grobogan

Fauziah, Adinda Sifa (2022) Strategi pengembangan wisata religi “Makam Ki Ageng Selo” Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1801036151_ADINDA SIFA FAUZIAH_SKRIPSI LENGKAP] Text (1801036151_ADINDA SIFA FAUZIAH_SKRIPSI LENGKAP)
1801036151_Adinda SF_ Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Adinda Sifa Fauziah (1801036151) dengan judul Strategi Pengembangan Wisata Religi “Makam Ki Ageng Selo” Grobogan, Program Strata Satu (S1), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penurunan jumlah wisatawan setelah adanya pandemi Covid 19. Disisi lain aspek attraction, accessbility, dan amenity yang belum memenuhi standar yaitu pada sarana akomodasi untuk menginap wisatawan masih belum terjangkau jaraknya, lahan parkir kurang luas terutama bagi rombongan yang datang menggunakan bus besar yang menyebabkan kesulitan untuk parkir, tidak ada tiket masuk, web khusus objek wisata, belum tersedia pemandu wisata lokal dan pusat oleh-oleh pada objek wisata religi Makam Ki Ageng Selo.
Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengelola Makam Ki Ageng Selo Grobogan dan mengetahui implementasi strategi dalam pelaksanaan program pengembangan di Makam Ki Ageng Selo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, untuk memperoleh data yang diperlukan peneliti menggunakan sumber dua sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengambilan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan teori Milles dan Huberman, dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan pada Makam Ki Ageng Selo pada aspek internal yaitu membentuk struktur pengelola objek wisata dan membagi jobdesk sesuai kedudukannya, pemberian fasilitas local tour guide, melengkapi sarana dan prasarana seperti adanya pusat oleh-oleh, tukang ojek, melestarikan tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu, memberikan pengarahan dan mendampingi wisatawan. Sedangkan pada aspek eksternal meliputi pengelola bekerjasama dengan media publikasi, melakukan branding makam berbasis wisata religi, bekerjasama dengan pihak asosiasi pemandu wisata, meningkatkan penyediaan informasi dengan memanfaatkan TI. Implementasi strategi dalam program pengembangan fasilitas, pusat oleh-oleh, dan ekonomi kreatif pada Makam Ki Ageng Selo berjalan dengan cukup baik karena diawasi langsung oleh pihak pengelola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Pengembangan; Program; Wisata Religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Novie Magang 2022
Date Deposited: 16 Feb 2023 10:01
Last Modified: 16 Feb 2023 10:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19045

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics