Tinjuan hukum Islam terhadap praktik jual beli cicilan mesin jahit di Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara

Aprilia, Ivany Rizka (2022) Tinjuan hukum Islam terhadap praktik jual beli cicilan mesin jahit di Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036061_Ivany Rizka Aprilia_Lengkap] Text (Skripsi_1802036061_Ivany Rizka Aprilia_Lengkap)
1802036061_Ivany Rizka Aprilia_Lengkap Tugas Akhir - ivany aprilia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara terdapat jual beli cicilan mesin jahit. Penjual menerapkan larangan kepada pembeli untuk mengambil garapan atau jahitan dari orang lain. Cicilan mesin jahit di Desa Muryolobo tidak ada jangka waktu pembayaran. Akan tetapi penjual menjanjikan pembayaran cicilan dilakuakan setelah pemberian upah atau gaji yang bisa berbentuk satu bulan satu sampai dua kali. Praktik jual beli cicilan memunculkan masalah dimana penjual tidak memperperjelas penentuan waktu dan jumlah pembayarannya.
Penelitian dengan judul “Tinjuan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Cicilan Mesin Jahit Di Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara”, memiliki rumusan masalah bagaimana praktik jual beli cicilan mesin jahit di Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara dan bagaimana tinjuan Hukum Islam terhadap jual beli cicilan mesin jahit di Desa Muryolobo Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara.
Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunkan cara reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan.
Hasil penelitian jual beli cicilan mesin jahit ini di Desa Muryolobo ini digantungkan dengan akad yang lain, yaitu akad ijarah. Yang mana akad jual beli ini digantungkan antara pembayaran cicil mesin jahit dengan pembayaran upah jasa jahitan jahitan. Disimpulkan praktik jual beli cicilan mesin jahit di Desa Muryolobo yang mengandung syarat yang menyebabkan akad jual beli digantungkan dengan akad ijarah. Menurut hukum Islam transaksi ini termasuk dalam jual beli fasid (rusak).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Cicilan; Gharar; Mesin jahit
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Jan 2023 02:45
Last Modified: 24 Jan 2023 02:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19054

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics