Analisis hukum Islam terhadap preferensi dispensasi nikah : studi di pengadilan agama semarang

Shobiroh, Anni (2022) Analisis hukum Islam terhadap preferensi dispensasi nikah : studi di pengadilan agama semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502016061_ANNI SHOBIROH_FULL] Text (Skripsi_1502016061_ANNI SHOBIROH_FULL)
1502016061_ANNI SHOBIROH_FULL_SKRIPSI - anni shobiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan merupakan suatu perkara yan sangat pentig dalam kehidupan seseorang. Menurut Kompiasi Hukum Islam pada pasal 2 menjeaskan bahwa: Perkawinan menurut Hukum Islam adalah Pernikahan, yaitu akad yang sangat kuat miitsaqan ghaliizan untuk menaati perintah Allah dan melakukannya merupakan ibadah. Namun untuk melansungkan pernikahan, seseorang harus sudah mencapai umur yang telah di tentukan Oleh Undang-Undang yan beraku di Indonesia. Undang-Undang Perkawinan di dalam pasal 7 ayat (1) membatasi usia minimal bagi seseorang yang akan melangsungkan pernikahan. Selanjutnya, di dalam pasal 7 ayat (2) Undang-Undang Perkawinan, diatur mengenai dispensasi usia perkawinan.
Dari latarbelakang diatas bentuk permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang (1) Apa saja faktor penyebab permohonan dispenasi nikah di Pengadilan Agama Semarang? (2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap preferensi dispensasi nikah di Wilayah hukum Pengadilan Agama Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan apa saja penyebab dispensasi perkawinan diajukan serta bagaimana, dan bagaimana preferensi dalam penetapan disepnsasi nikah ditinjau dari Hukum Islam.
Dengan memilih Pengadilan Agama Semarang sebagai objek penelitian, maka jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (fild research) yang sumber data primernya berupa data wawancara yang langsung didapatkan dalam penelitian lapangan di Pengadilan Agama Semarang. Sedangkan data sekundernya terdiri dari putusan hakim Pengadilan Agama Semarang,UUP, KHI dan lain-lain, dan bahan sekundernya yaitu buku-buku ilmiah, makalah, tesis, skripsi, jurnal dan lain sebagainya. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara terhadap beberapa responden, dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab diajukannya dispensasi nikah di Pengadian Agama Semarang adalah karena calon mempelai wanita telah hamil atau meahirkan anak terebih dahulu. Serta kekhawatiran para orangtua terhadap pergaulan anaknya yang dikhawatirkan akan melanggar norma serta syariat yang berlaku. Dalam hal ini pertimbangan dan preferensi hakim di luar hukum menggunakan konsep mashlahah mursalah karena ketentuan pembatasan umur dan dispensasi nikah tidak dijelaskan di dalam nash, tetapi kandungan maslahatnya sejalan dengan tindakan syara yang ingin mewujudkan kemaslahatan bagi pemohon (kedua calon mempelai beserta keluarga) karena hamil dahulu. Kekhawatiran orang tua yang sudah tidak dapat di tawar oleh Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Dispensasi; Pernikahan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:30
Last Modified: 25 Jan 2023 01:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19066

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics