Dampak penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa : studi kasus SMA N 1 Gringsing

Yunianti, Vina (2022) Dampak penggunaan gadget terhadap motivasi belajar siswa : studi kasus SMA N 1 Gringsing. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1504046037_VINA YUNIANTI _Full] Text (Skripsi_1504046037_VINA YUNIANTI _Full)
1504046037_VINA YUNIANTI _Full Skripsi - Vina Yunianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (663kB)

Abstract

Smartphone bentuknya sederhana,, tidak repot guna dibawa, serta ditunjang banyak aplikasi yang mempermudah kehidupan. Bila awalnya spesifikasinya pas-pasan, saat ini smartphone memudahkan untuk bekerja berkat spesifikasinya yang mulai diatas komputer. Dampak buruk smartphone untuk remaja bisa membuat kepribadian siswa yang memakai gadget umumnya semakin pasif, seperti; individualis, tertutup, kurang peduli terhadap sekelilingnya serta rasa sosial dari anak berkurang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui adanya dampak gadget terhadap motivasi belajar siswa dan sementara itu ciri khasnya yang mempunyai condong lebih apatis, pola pikir cenderung rasional, menemukan gampangnya saja serta kurang memiliki simpati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Gringsing. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi lapangan. Akibat yang ditimbulkan pemakaian ponsel yang terjadi di SMAN 1 Gringsing yakni: 1) Dampak positifnya yakni pemakaian Gadget bisa menaikan motivasi belajar siswa, sebab Gadget, materi bisa diakses secara lebih mudah tanpa banyak kendala yang membebani, sebab bisa diakses di manapun, asalkan ada jaringan yang mengkoneksikan dan HP-nya cukup canggih. Tetapi , itu cuma terjadi pada minoritas dari semua siswa yang ada di SMAN 1 Gringsing. 2) Dampak negatifnya yakni pemakaian HP justru mengurangi motivasi belajar peserta didik, sebab siswa akan cenderung untuk bermain HP dibanding belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Gadget; Motivasi; Dampak Pengguna; Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Jan 2023 02:39
Last Modified: 26 Jan 2023 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19084

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics