Implementasi tradisi amaliyah NU sebagai muatan lokal pada siswa di MI Nurul Ulum Pegiringan Kecamatan Bantar Bolang Kabupaten Pemalang 2021/2022

Amanah, Fatihatul (2022) Implementasi tradisi amaliyah NU sebagai muatan lokal pada siswa di MI Nurul Ulum Pegiringan Kecamatan Bantar Bolang Kabupaten Pemalang 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Fatihatul Amanah_1503096040_lengkap] Text (Skripsi_Fatihatul Amanah_1503096040_lengkap)
1503096040_lengkap_Fatihatul Amanah_ - Jam Roni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi tradisi amaliyah NU sebagai muatan lokal. Penelitian ini dilatarbelakangi karena maraknya pemberitaan tentang faham-faham selain aswaja baik dilingkungan sekitar, dimedia elektronik maupun media cetak, dan berkurangnya rasa ingin tahu peserta didik terhadap amaliyah aswaja. Melalui pengimplementasian disekolah dapat membekali peserta didik agar terbiasa dengan amaliyah-amaliyah aswaja dilingkungan sekitar.
Kurikulum mulok ke-NU-an berarti untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai aswaja dan ke-NU-an secara keseluruhan kepada peserta didik, sehingga menjadi muslim yang terus berkembang dalam keyakinan, ketaqwaan kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia sebagai individu maupun anggota masyarakat, sesuai dengan tuntutan ajaran Islam ahlussunah wal jama’ah.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah trianggulasi sumber, teknik, dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi tradisi amaliyah NU sebagai muatan lokal di MI Nurul Ulum Bantarbolang Pegiringan Pemalang berjalan dengan baik. Pelaksanaannya mencakup menginternalisasikan aswaja dalam kurikulum dan amaliyyah-amaliyyah ahlussunah wal jama’ah diantaranya ziarah kubur, shalat dhuha dan tahlilan, wirid, istighosah (mujahadah) dan pembacaan asmaul husna. Peserta didik nampak memiliki karakter disipin dan tanggung jawab. Hal ini terlihat pada akhlak peserta didik selama pembelajaran dan diluar pembelajaran memberikan dampak positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Tradisi amaliyah NU (nahdhatul ulama); Muatan lokal
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.6 Islamic history > 297.65 Organizations of Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:10
Last Modified: 31 Jan 2023 01:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19111

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics