Pengaruh penggunaan metode concept sentence berbantu media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kendal tahun pelajaran 2021/2022

Ulfa, Maria (2022) Pengaruh penggunaan metode concept sentence berbantu media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kendal tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1503096075_Maria ulfa_Lengkap] Text (Skripsi_1503096075_Maria ulfa_Lengkap)
Maria Ulfa_153096075_SKRIPSI - Maria Ulfa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan metode concept sentence berbantu media gambar seri terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kendal Tahun Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif lapangan. Penelitian ini meggunakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Pre Experimental Design. Dengan menggunakan rancangan desain One Group PretestPostest Design. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan dengan analisis statistik uji t. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan nilai rata-rata nilai awal pretest adalah 61,83 dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 45, sementara rata-rata nilai akhir (posttest) adalah 72,33 dengan nilai tertinggi 90 dan terendah 50. Dari analisis data akhir diperoleh t_hitung= 7.584 dan t_tabel = 1,699 dengan taraf signifikan 5%. karena〖 t〗_hitung>t_tabel hipotesis yang diajukan diterima. Artinya adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest, jadi metode pembelajaran concept sentence berbantu media gambar seri berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan sederhana kelas IV MI NU 43 Wonorejo Kaliwungu tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; Concept sentence; Media gambar seri; Keterampilan menulis karangan sederhana
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 01:34
Last Modified: 31 Jan 2023 01:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19113

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics