Penanaman sikap sosial melalui pembelajaran tematik tema 1 subtema 3 (lingkungan dan manfaatnya) pada peserta didik Kelas V di MI Negeri 2 Tegal

Amaliyah, Milda Munawarotul (2022) Penanaman sikap sosial melalui pembelajaran tematik tema 1 subtema 3 (lingkungan dan manfaatnya) pada peserta didik Kelas V di MI Negeri 2 Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703096053_Milda Munawarotul Amaliyah_Full] Text (Skripsi_1703096053_Milda Munawarotul Amaliyah_Full)
1703096053_Milda Munawarotul Amaliyah_Full_Skripsi - Milda Amaliyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penanaman sikap sosial dan faktor penghambat penanaman sikap sosial melalui pembelajaran tematik tema 1 subtema 3 (Lingkungan dan Manfaatnya) pada peserta didik kelas V MIN 2 Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap sosial yang telah ditanamkan melalui pembelajaran tematik oleh guru kelas V MIN 2 Tegal adalah sopan santun, peduli, tanggung jawab, disiplin, jujur dan percaya diri dengan menerapkan pola pembiasaan, keteladanan, pemberian pujian dan hukuman. Pelaksanaan atau strategi yang dilakukan terdiri dari beberapa tahapan yaitu 1) tahap persiapan, dilakukan oleh guru untuk menyusun dan membuat RPP dan silabus. 2) tahap penyampaian, dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai sikap ke dalam pembelajaran, memberikan bimbingan, pembiasaan dan keteladanan. 3) tahap praktek, dilakukan melalui kegiatan-kegiatan di sekolah saat pembelajaran. 4) tahap penampilan hasil/evaluasi, dilakukan dengan mencatat pada jurnal sikap yang pada akhir semester dituangkan ke dalam rapor. Hambatan yang dijumpai oleh guru dalam penanaman sikap sosial adalah kepribadian dan perbedaan karakter individu, minimnya perhatian orang tua, pengaruh lingkungan sekitar, dan pengaruh kemajuan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sikap sosial; Pembelajaran tematik; Peserta didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 04:44
Last Modified: 31 Jan 2023 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics