Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik di SMP Tahfidz Al-Hikmah Pedurungan, Semarang

Ilhamy, Alfin (2022) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidik di SMP Tahfidz Al-Hikmah Pedurungan, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703036081_Alfin Ilhamy_Lengkap] Text (Skripsi_1703036081_Alfin Ilhamy_Lengkap)
Skripsi.1703036081.Alfin Ilhamy - Alfin Ilhamy.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi peningkatan kualitas pendidik. Penelitian ini bertempat di SMP Tahfidz Al-Hikmah Pedurungan Lor, Semarang. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menggunakan pengamatan terlibat. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan dengan penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Dari penelitian yang dilaksanakan membuahkan hasil: 1) Dalam perencanaan, dengan adanya rapat bulanan yang dipimpin oleh kepala Sekolah SMP Tahfidz Al-Hikmah Pedurungan Lor, Semarang dan diikuti oleh pendidik di SMP Tahfidz Al-Hikmah Pedurungan Lor, Semarang. Rapat dilaksanakan guna menentukan program peningkatan mutu pendidik di SMP Tahfidz Al-Hikmah Pedurungan Lor, Semarang. Tujuan lain diadakannya rapat yaitu memberikan dorongan dan motivasi kepada pendidik yang belum sesuai dengan kualifikasi akademiknya agar melanjutkan studi lanjut yang linier. 2) Pelaksanaan kegiatan diskusi forum ilmiah seperti MGMP, workshop, diklat dan pelaksanaan in house training adalah bentuk dukungan kepada pendidik agar dapat meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas. Serta upaya memenuhi kebutuhan administrasi berupa melanjutkan studi linier apabila belum memenuhi persyaratannya. Pemberian kelonggaran terhadap pendidik yang sedang melaksanakan studi lanjut dan juga memberikan surat tugas kepada pendidik untuk mengikuti kegiatan forum diskusi ilmiah diluar lingkup sekolah. 3)Proses evaluasi yang dilakukan berupa berbagi pengalaman dan ilmu yang didapat selama mengikuti kegiatan di luar madrasah. Kegiatan lain yang dilakukan yaitu tutor sebaya. Atau dengan pengaksesan melalui sim pkb yang dapat digunakan untuk melihat kinerja guru dalam penelitian tindakan kelas yang disediakan oleh Kemendikbud.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Mutu; Pendidik; Kepala sekolah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 31 Jan 2023 06:25
Last Modified: 31 Jan 2023 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19120

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics