Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional tenaga pendidik di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak

Ainunnajib, Muhammad (2022) Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesional tenaga pendidik di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603036110_Muhammad Ainunnajib_Full] Text (Skripsi_1603036110_Muhammad Ainunnajib_Full)
1603036110_Muhammad Ainunnajib_Full Skripsi - Aku Iki(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Tenaga pendidik merupakan salah satu komponen terpenting dalam dunia pendidikan. Ruh pendidikan sesungguhnya terletak dipundak tenaga pendidik. Bahkan, baik buruknya atau berhasil tidaknya pendidikan hakikatnya ada ditangan tenaga pendidik. Oleh sebab itu sumber daya tenaga pendidik ini harus dikembangkan baik melalui pendidikan dan pelatihan dan kegiatan lain agar kemampuan profesionalnya lebih meningkat. Kepala sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang mempunyai peranan penting dalam mengembangkan kualitas pendidikan. Bersifa t analisis dalam arti menguraikan sesuai dengan interpretasi yang tepat, cermat dan terarah.
Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana kompetensi profesional tenaga pendidik di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Mranggen? 2) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik di SMP IT Al-Ma-ruf Mranggen?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data erkumpul, maka dilakukan analisis data yang berkaitan dengan fokus permasalahan. Tahap yang terakhir adalah penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Mranggen kompetensi profesional tenaga pendidik mata pelajaran cukup bagus, misalnya di samping pendidik dituntut untuk meningkatkan pengetahuaanya dalam menguasai bidang studi atau materi yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang pendidik. Di SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Mranggen dari segi kompetensi pendidiknya bisa dikatakan profesional. 2) Strategi yang secara rutin dan berkesinambungan dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik, misalnya mengikutkan guru workhsop dan mensupervisi. Hal ini karena SMP IT Al-Ma’ruf Candisari Mranggen telah berupaya meningkatkan kompetensi profesional tenaga pendidik (guru) melalui sertifikasi guru, pelatihan-pelatihan dan sebagainya, selain itu juga melalui pengawas pendidikan karena merekalah petugas teknis yang turun kelapangan berhadapan langsung dengan guru-guru di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi profesional; Tenaga pendidik; Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Feb 2023 02:07
Last Modified: 01 Feb 2023 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19127

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics