Pengelolaan layanan madrasah berbasis total quality management di MIN Kudus

Kinasih, Nisriina Putri (2022) Pengelolaan layanan madrasah berbasis total quality management di MIN Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803036071_Nisriina Putri Kinasih_Lengkap] Text (Skripsi_1803036071_Nisriina Putri Kinasih_Lengkap)
1803036071_Nisriina Putri Kinasih_Lengkap Tugas Akhir - Nisriina Putri Kinasih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan madrasah ialah serangkaian kegiatan dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengendalikan, serta mengembangkan segala upaya yang dilakukan oleh lembaga pendidikan madrasah untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dalam penelitian ini, pengelolaan madrasah dilakukan dengan konsep total quality management.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan madrasah berbasis total quality management di MIN Kudus dijelaskan dalam siklus PDCA (Plan-Do-Check-Action) yang di dalamnya terdapat lima komponen yaitu fokus pada pelanggan, komitmen jangka panjang, kerjasama, perbaikan sistem secara berkesinambungan, serta pendidikan dan pelatihan. Semua komponen tersebut sudah dilaksanakan dengan baik, dimulai dari job description yang dilakukan, pelayanan kepada pelanggan, komitmen untuk meningkatkan mutu madrasah, manajemen terhadap kualitas, perbaikan mutu secara berkelanjutan, serta keterlibatan pihak internal maupun eksternal dalam kerjasama dan pelatihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan layanan madrasah; Total quality management
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Kependidikan Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:42
Last Modified: 01 Feb 2023 07:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19134

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics