Pengaruh optimisme terhadap prestasi belajar PAI dan budi pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu Rembang
Zaroah, Siti (2022) Pengaruh optimisme terhadap prestasi belajar PAI dan budi pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu Rembang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1703016090_Siti Zaroah_Full Skripsi - Siti Zaroah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana optimisme siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu Rembang? 2) Bagaimana prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu Rembang? 3) Adakah pengaruh optimisme terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu Rembang?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana, yaitu untuk menentukan pengaruh optimisme terhadap prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa optimisme siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu Rembang Tahun ajaran 2022/2023 berada dalam kategori sangat baik, sedangkan prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti berada dalam kategori cukup. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara optimisme dan prestasi belajar PAI BP siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bulu Rembang Tahun ajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan Fhitung > Ftabel (54,970 > 4,085), dan nilai probabilitas dari tabel yaitu sebesar 0.000 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0.05 (0,000 < 0,05), maka menunjukkan angka yang signifikan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa, semakin tinggi optimisme siswa, maka semakin tinggi pula prestasi belajar PAI dan Budi Pekerti mereka.
Fakta bahwa optimisme mempengaruhi prestasi belajar siswa memberikan satu opsi untuk dapat meningkatkan optimisme siswa. Maka guru memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan optimisme siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan memupuk dan meningkatkan sikap optimis pada siswa diharapkan mampu memperbaiki pola berpikir dan hasil belajar serta memberikan langkah terbaik menuju kesuksesan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimisme; Prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam; Budi pekerti |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 14 Feb 2023 06:47 |
Last Modified: | 14 Feb 2023 06:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19168 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year