Peran orang tua dalam memotivasi belajar PAI siswa kelas 5 SD Negeri 1 Sojokerto, Leksono, Wonosobo

Istiqomah, Karin Imroatul (2022) Peran orang tua dalam memotivasi belajar PAI siswa kelas 5 SD Negeri 1 Sojokerto, Leksono, Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016102_Karin Imroatul I_Lengkap] Text (Skripsi_1703016102_Karin Imroatul I_Lengkap)
1703016102_Karin Imroatul I_Tugas Akhir - Karin Imroatul Istiqomah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi masyarakat masa kini yang mulai sadar akan pentingnya agama dan motivasi yang orang tua berikan masih sebatas pembiayaan dan kata-kata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar PAI siswa kelas 5 SD Negeri 1 Sojokerto, Leksono, Wonosobo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif dari analisis hasil wawancara. Populasi dan sampel dalam penelitiam ini adalah orang tua dan siswa kelas 5 SD Negeri 1 Sojokerto.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terkait peran orang tua yang ditunjukkan dalam memotivasi belajar anak pada mata pelajaran PAI di SDN 1 Sojokerto, diantaranya orang tua: Memperhatikan proses belajar agama peserta didik di rumah; Memberikan pengertian bahwa dengan belajar cita-cita anak dapat tercapai; Memberikan hadiah atau hukuman; dan Menyediakan fasilitas belajar. Adapun untuk hambatan yang dihadapi oang tua dalam memotivasi belajar PAI siswa diantaranya: Terbatasnya waktu yang dimiliki orang tua untuk mendampingi anaknya belajar; Latar belakang pendidikan orang tua; Penggunaan HP yang sebagian besar untuk bermain game.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua; Motivasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Feb 2023 06:54
Last Modified: 14 Feb 2023 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19171

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics