Nilai-nilai pendidikan Islam dalam cerita pewayangan lakon Kalimasada

Niam, Ulil Khoirun (2022) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam cerita pewayangan lakon Kalimasada. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016116_Ulil Khoirun Niam_Lengkap] Text (Skripsi_1703016116_Ulil Khoirun Niam_Lengkap)
1703016116_Ulil Khoirun Niam_Lengkap Tugas Akhir_085744 - Ulil Niam(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang nilai-nilai pendidikan Islam dalam cerita Wayang kulit lakon Kalimasada,wayang tidak hanya menjadi tontonan akan tetapi juga menjadi tuntunan dan juga menjadi sarana dakwah walisongo pada masa itu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Bagimana cerita Wayang lakon Kalimasada. 2) Apa saja nilai- nilai pendidikan Islam dalam cerita Wayang Lakon Kalimasada.
Hasil penelitian mengungkapkan: 1) Alur cerita lakon Kalimasada ialah perjalanan Puntadewa berkelana atas perintah Shang Hyang Wenang untuk mengetahui makna yang tersirat dalam pusaka Kalimasada, sehingga bertemu dengan Sunan kalijaga dan di jabarkan makna yang tersirat di dalam pusaka kalimasada oleh Sunan Kalijaga. 2) Nilai pendidikan yang terkandung dalam cerita pewayangan Kalimasada adalah nilai akidah syahadat, nilai ibadah terdiri dari 4 data, dan nilai akhlak terdiri dari 6 data.
Dalam versi yang lain Kalimasada bukan hanya menyimbolkan kalimah syahdat. Akan tetapi, Kalimasada dari kata kalima husada (yang berarati lima obat) menjadi penutur dalam syair tombo ati yang di karang oleh sunan bonang. Tombo ati bukan hanya sekedar tembang biasa akan tetapi berisi nasihat-nasihat yang mempunyai falsafah tinggi. Dalam versi tombo ati terdapat tiga nilai-nilai pendidikan islam yaitu nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak .

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan; Pendidikan Islam; Lakon Kalimasada; Pewayangan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:15
Last Modified: 14 Feb 2023 07:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19173

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics