Tinjauan maqāṣid al-syāriʻah ahli waris pengganti (plaatsvervulling) dalam KHI

Wahyuningsih, Dian (2022) Tinjauan maqāṣid al-syāriʻah ahli waris pengganti (plaatsvervulling) dalam KHI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_150201611_Dian_Wahyuningsih] Text (SKRIPSI_150201611_Dian_Wahyuningsih)
1502016111_DIAN WAHYUNINGSIH_LENGKAP TUGAS AKHIR - jum dah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hukum waris sangat erat kaitannya dengan ruang lingkup kehidupan manusia, karena di dalamnya terdapat peristiwa hukum yakni kematian seseorang dan berakhirnya harta kekayaan atau kepemilikan seseorang pada saat meninggal dunia kepada ahli warisnya secara otomatis. Kompilasi Hukum Islam dalam salah satu pasalnya yakni Pasal 185 yang mengatur tentang beralihnya harta kekayaan pewaris kepada ahli waris yang meninggal terlebih dahulu dibandingkan si pewaris dapat digantikan kedudukannya oleh anak-anak dari ahli waris tersebut. Sistem ini dinamakan dengan penggantian ahli waris atau ahli waris pengganti. Namun, ternyata bagian warisan untuk cucu tidak dijelaskan secara rinci di dalam al-Qur’an. Sehingga muncullah ijtihad Zaid Ibn Tsabit yang pada intinya mengemukakan bahwa hanya cucu laki-laki dan perempuan dari pancar laki-laki saja yang mendapat harta warisan, itu pun dengan syarat tidak ada anak pewaris laki-laki yang masih hidup. Sedangkan cucu dari pancar perempuan tidak berhak mendapatkan harta warisan karena ia adalah dzawi al-arḥam. Sementara itu, dengan keumuman lafal pada Pasal 185 KHI yang tidak dijelaskan secara rinci siapa saja yang dapat menjadi ahli waris pengganti, maka dapat dipahami bahwa semua cucu dari pancar laki-laki maupun perempuan bisa tampil sebagai ahli waris pengganti. Hal ini didukung juga dengan tidak dikenalnya dzawi al-arḥam dalam KHI. Namun, tentu adanya pengaturan tentang ahli waris pengganti dalam KHI ini bertujuan untuk pemenuhan keadilan dan kemaslahatan bagi ahli waris cucu.
Fokus permasalahan yang dirumuskan pada penelitian ini ialah: 1). Bagaimana konsep ahli waris pengganti dalam KHI? 2). Bagaimana perspektif maqaṣid al-syariʻah tentang ahli waris pengganti dalam Kompilasi Hukum Islam?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum normatif yang bersifat doktrinal atau penelitian pustaka (Library Research), yaitu dengan mengambil referensi pustaka dan dokumen yang relevan dengan permasalahan di atas. Adapun sumber datanya berasal dari data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumen yang terkait dengan sumber data sekunder. Selanjutnya dalam menganalisa data menggunakan metode deskriptif-kualitatif untuk mencari data terkait dengan tinjauan maqasid al-syari’ah ahli waris pengganti dalam KHI.
Berdasarkan analisis yang penulis lakukan bisa disimpulkan bahwa konsep ahli waris pengganti dalam KHI ini untuk jangkauan cucu yang bisa menggantikan adalah cucu dari semua pancar, tanpa membedakan itu dari pancar laki-laki maupun perempuan. Kemudian untuk bagian yang diperolehnya pun tidak boleh melebihi bagian yang didapat oleh ahli waris sederajat yang digantikannya. Kemudian mengenai penerapan teori tujuan hukum menggunakan perspektif maqasid al-syari’ah tentang ahli waris pengganti ini bisa dikatakan telah sesuai dengan tujuan hukum yakni mencapai kemaslahatan dengan terpenuhinya lima unsur pokok yang dikenal dengan sebutan al-dharuriyah al-khams.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ahli waris pengganti; maqāṣid al-syāriʻah; Kompilasi Hukum Islam.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:24
Last Modified: 14 Feb 2023 07:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19174

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics