Implementasi nilai karakter religius dan peduli lingkungan pada siswa di MTs Negeri 01 Kota Semarang

Safitri, Luqyana Lailatus (2023) Implementasi nilai karakter religius dan peduli lingkungan pada siswa di MTs Negeri 01 Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1703016123_Luqyana Lailatus Safitri_Lengkap] Text (Skripsi_1703016123_Luqyana Lailatus Safitri_Lengkap)
1703016123_Luqyana Lailatus Safitri_Full Skripsi - Luqyana Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha yang dilakukan oleh warga sekolah, dilakukan bersama-sama dengan orang tua dan juga anggota masyarakat. Menyikapi pentingnya Pendidikan karakter, maka sangat diperlukan Pendidikan karakter di sekolah untuk mewujudkan peradaban bangsa dengan memberikan keteladanan dan pembiasaan. Pendidikan karakter merupakan usaha yang disengaja dilakukan oleh sekolah dan pemerintah untuk menanamkan nilai-nilai inti dalam etika, seperti disiplin, religius, jujur, tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan tentang nilai-nilai karakter religius dan peduli lingkungan di MTs negeri 01 Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penerapan nilai karakter religius dan peduli lingkungan di MTs Negeri 01 Semarang terlaksana melalui pembiasaan nilai-nilai religius, aktivitas islami, dan kegiatan peduli lingkungan. Pendidikan karakter religius dan peduli lingkungan dapat meningkatkan perilaku peserta didik. Penerapan Pendidikan karakter dilakukan melalui kegiatan rutin, keteladanan, dan spontan. Karakter religius diterapkan dengan mengucap salam sambil berjabat tangan dengan guru, tadarus Al-Qur’an, sholat dhuha, dan sholat dzuhur berjama’ah. Karakter peduli lingkungan diterapkan dengan membuang sampah pada tempatnya, mengelola sampah plastik, dan melaksanakan piket sesuai jadwal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Karakter religius; Nilai karakter; Peduli lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:24
Last Modified: 14 Feb 2023 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics