Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam tradisi robo-robo masyarakat Mempawah Kalimantan Barat

Sulistyo, Ridwan Agung (2022) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam tradisi robo-robo masyarakat Mempawah Kalimantan Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016002_Ridwan Agung S_LENGKAP] Text (Skripsi_1803016002_Ridwan Agung S_LENGKAP)
1803016002_Ridwan Agung S_LENGKAP TUGAS AKHIR - Ridwan Agung Sulistyo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini membahas tentang pelaksanaan tradisi robo-robo, nilai-nilai pendidikan Islam dalam tradisi robo-robo masyarakat Mempawah Kalimantan Barat dan implikasi nilai-nilai pendidikan Akhlak dalam tradisi robo-robo masyarakat Mempawah Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan tradisi Robo-Robo masyarakat Mempawah dilaksanakan setiap setahun sekali pada rabu terakhir bulan Safar bertempat di muara Kuala Mempawah dan di keraton Amantubillah. Adapun urutan kegiatan tradisi robo-robo yaitu pelepasan puaka (satwa), kirab pusaka dan pencucian benda pusaka, haulan Opu Daeng Manambon, ziarah makam Opu Daeng Manambon dan makam Raja-raja, gelar adat toana, mandi safar, makan safar, ritual buang-buang di laut, tepung tawar kapal nelayan, acara seremonial. Kegiatan tersebut dipandu oleh pemangku adat kerajaan Mempawah. (2) Nilai Pendidikan Akhlak dalam tradisi Robo-Robo diantaranya yaitu adanya ungakapan rasa syukur yang sangat dalam atas apa yang telah diberikan Allah SWT kepada masyarakat, dengan cara masyarakat berdo’a bersyukur sebelum kegiatan robo-robo. Prosesi pelaksanaan tradisi robo-robo mulai dari awal hingga akhir dalam kegiatan tradisi robo-robo terdapat pembacaan do’a, ayat suci al-Qur’an dan dzikir, serta juga untuk mendo’akan para leluhur. Kemudian dalam tradisi robo-robo mengajarkan akhlak terhadap Allah SWT terbukti disaat masyarakat mengungkapkan rasa syukur dan mengucapkan terima kasih hanya kepada Allah SWT semata, selain itu, akhlak kepada manusia dalam prosesi tradisi robo-robo adanya keikhlasan, tolong menolong, musyawarah, dan menguatkan ukhuwah basyariyah, serta akhlak kepada lingkungan dengan menghargai dan merawat alam. (3) Implikasi Nilai Pendidikan Akhlak dalam tradisi Robo-Robo diantaranya syukur, tolong-menolong, ikhlas, musyawarah, dan menghargai serta merawat alam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai pendidikan akhlak; Tradisi Robo-Robo
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Feb 2023 07:34
Last Modified: 14 Feb 2023 07:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19176

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics