Strategi pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus (abk) tunarungu di SLB B-C YMS Wonogiri pada masa pandemi

Ikhsan, Thoha (2022) Strategi pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus (abk) tunarungu di SLB B-C YMS Wonogiri pada masa pandemi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016030_THOHA IKHSAN_FULL] Text (Skripsi_1803016030_THOHA IKHSAN_FULL)
1803016030_THOHA IKHSAN_FULL SKRIPSI - thoha ikhsan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

SLB B-C YMS Wonogiri ialah salah satu sekolah luar biasa yang terkena dampak akibat pandemi covid-19. Pada mulanya pembelajaran dilaksanakan secara online dan berkembang menjadi pembelajaran offline dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan. Oleh karena itu perlu adanya strategi yang sesuai dan tepat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan seefektif mungkin dan tujuan pembelajaran tercapai. Adapun tujuan pada penelitian ini ialah 1) Mendeskripsikan strategi pembelajaran pada Anak Berkebutuhaan Khusus (ABK) tunarungu di SLB B-C YMS Wonogiri pada masa pandemi. 2) Mendeskripsikan kendala-kendala pelaksanaan strategi pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunarungu di SLB B-C YMS Wonogiri. 3) Menjelaskan solusi dari kendala pelaksanaan strategi pembelajaran PAI pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunarungu di SLB B-C YMS Wonogiri.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk ABK tunarungu yang digunakan di SLB B-C YMS Wonogiri adalah strategi pembelajaran langsung dengan menggunakan dua sistem pembelajaran yang diawali dengan sistem daring dan berkembang menjadi sistem luring dengan memerhatikan protokol kesehatan. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah yang dapat dilihat pada kegiatan pembukaan, kegiatan inti, dan kegiatan penutupan.
Kendala yang dialami adalah guru agama yang hanya satu orang, guru PAI bukan lulusan dari PLB, tidak memiliki HP dan kendala sinyal, respon anak yang lambat, minimnya pembendaharaan kosakata, serta tidak disediakannya buku pegangan untuk siswa. Solusi yang dilakukan adalah dengan dukungan sarpras yang baik, adanya bimtek untuk guru, adanya kegaiatan pengenalan bagi guru baru dan non-PLB, kegiatan bimbingan konseling di rumah oleh guru kelas, serta pemberian motivasi kepada ABK tunarungu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; ABK tunarungu
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Pendidikan khusus (spt.: pendidikan tuna netra)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Feb 2023 08:03
Last Modified: 14 Feb 2023 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19178

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics