Strategi komunikasi dan kolaborasi guru PAI dalam pendidikan akhlak siswa di MI NU Ma’rifatul Ulum 1 Mijen Kaliwungu Kudus

Ulya, Muhimmatul (2022) Strategi komunikasi dan kolaborasi guru PAI dalam pendidikan akhlak siswa di MI NU Ma’rifatul Ulum 1 Mijen Kaliwungu Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016137_MUHIMMATUL ULYA_FULL_] Text (Skripsi_1803016137_MUHIMMATUL ULYA_FULL_)
1803016137_MUHIMMATUL ULYA_FULL_Skripsi - muhimmatul ulya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang pendidikan akhlak siswa melalui strategi komunikasi dan strategi kolaborasi yang dilakukan guru rumpun PAI di MI NU Ma’rifatul Ulum 1 Mijen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana strategi komunikasi guru rumpun PAI dalam pendidikan akhlak siswa di MI NU Ma’rifatul Ulum 1 Mijen 2) Bagaimana strategi kolaborasi guru rumpun PAI dalam pendidikan akhlak siswa di MI NU Ma’rifatul Ulum 1 Mijen.
Penelitian ini merupakan penelitian penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi komunikasi yang dilakukan guru rumpun PAI kepada siswa adalah strategi komunikasi informatif, strategi komunikasi persuasif, dan strategi komunikasi koersif. Strategi komunikasi informatif diberikan melalui penyampaian pesan dan cerita. Strategi komunikasi persuasif diberikan melalui strategi ajakan, strategi keteladanan, dan strategi kabar gembira. Sedangkan strategi komunikasi koersif diberikan melalui strategi pemberian aturan, strategi pemberian peringatan, dan strategi pemberian sanksi atau hukuman.

2) Strategi kolaborasi antara guru PAI dan orang tua dilakukan melalui pertemuan wali murid tiap akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; Strategi kolaborasi; Pendidikan akhlak
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 16 Feb 2023 08:39
Last Modified: 16 Feb 2023 08:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19193

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics