Pengaruh pembelajaran dalam jaringan dan jenis kelamin terhadap hasil belajar bimbingan perkawinan bagi calon pengantin di Kabupaten Pemalang

Amiroh, Amiroh (2021) Pengaruh pembelajaran dalam jaringan dan jenis kelamin terhadap hasil belajar bimbingan perkawinan bagi calon pengantin di Kabupaten Pemalang. Dr/PhD thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Disertasi_1400039065_Amiroh] Text (Disertasi_1400039065_Amiroh)
Disertasi_1400039065_Amiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Urgensi bimbingan perkawinan calon pengantin yang berbasis pada platform e-learning semakin diintensifkan dengan munculnya pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 ini. Bimbingan perkawinan calon pengantin tersebut menjadi wajib untuk diikuti sebelum menikah, ditantang untuk memberikan alternatif dari pendekatan pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk menguji 1) pengaruh Pembelajaran dalam jaringan bimbingan perkawinan calon pengantin terhadap hasil belajar bimbingan perkawinan; 2) pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar bimbingan perkawinan, dan 3) pengaruh interaktif Pembelajaran dalam jaringan bimbingan perkawinan calon pengantin dan jenis kelamin terhadap hasil belajar bimbingan perkawinan di KUA Kabupaten Pemalang.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sedangkan desain yang digunakan adalah factorial design 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur berbantuan software SPSS 20.
Hasil penelitian menyimpulkan pembelajaran e-learning tidak berpengaruh terhadap hasil belajar bimbingan perkawinan. Peserta bimbingan perkawinan dengan pembelajaran konvensional tidak memiliki kecenderungan hasil belajar yang berbeda signifikan dengan mereka yang belajar dengan menggunakan pembelajaran e-learning dalam jaringan. Jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap hasil belajar bimbingan perkawinan. Peserta bimbingan perkawinan dengan jenis kelamin laki-laki tidak memiliki kecenderungan hasil belajar yang berbeda signifikan dengan mereka yang berjenis kelamin perempuan. Pembelajaran dalam jaringan dan jenis kelamin tidak memiliki pengaruh secara interaktif terhadap hasil belajar bimbingan perkawinan. Hal ini karena uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar bimbingan perkawinan dengan kelompok interaktif yang berbeda tidak secara signifikan satu sama lain.

ABSTRACT:
The urgency of having premarital education which is based on the e-learning platform has been intensified by the emergence of the recent COVID-19 Pandemic. Premarital education that is going to be mandatory for couples to participate before getting married is challenged to provide an alternative to its conventional approach.This study aims to examine 1) the effect of the E-Learning Learning Guidance on marriage for the bride and groom on the learning outcomes of marriage guidance; 2) the influence of gender on the learning outcomes of marriage guidance, and 3) the interactive effect of e-Learning learning on marriage guidance for the bride and groom and gender on the learning outcomes of marriage guidance at KUA Pemalang Regency. The method used is an experimental method. While the design used is a 2 x 2 factorial design. The research hypothesis was tested using two-way analysis of variance (ANAVA) assisted by SPSS 20 software. The results of e-learning learning have no effect on marital guidance learning outcomes. Marriage guidance participants with conventional learning do not have a tendency for learning outcomes to be significantly different from those who learn using e-learning learning. Gender has no effect on the learning outcomes of marital guidance. Participants in marriage guidance with the male gender do not have a tendency for learning outcomes to be significantly different from those who are female. E-learning learning and gender do not have an interactive effect on the learning outcomes of marriage guidance. This is because the hypothesis test shows that the mean value of the learning outcomes of marital guidance learning with different interactive groups is not significant to each other.

Item Type: Thesis (Dr/PhD)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran dalam jaringan; Jenis kelamin; Hasil belajar; Bimbingan perkawinan; Calon pengantin.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor (S3) > 76003 - Studi Islam (S3)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:31
Last Modified: 23 Feb 2023 02:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19229

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics