Pengaruh model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Brebes

Febriyanti, Safira Dwi (2022) Pengaruh model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803016151_Safira Dwi Febriyanti_Lengkap] Text (Skripsi_1803016151_Safira Dwi Febriyanti_Lengkap)
1803016151_SAFIRA DWI FEBRIYANTI_Full_Skripsi - Safira dwi febrianti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa dalam mata pelajaran Al Qur’an Hadits dan pengaruh model pembelajaran CTL pada kelas VIII di MTs Negeri 2 Brebes. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei yang dilaksanakan bertempat di MTs Negeri 2 Brebes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Excellent dengan jumlah 28 siswa, VIII Brilliant berjumlah 27 siswa, dan VIII A berjumlah 25 siswa. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui dua metode, yaitu angket dan dokumentasi. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis product moment dan analisis regresi satu prediktor.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pengaruh dari penerapan model pembelajaran CTL menunjukkan kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 84 – 89 dengan nilai rata-rata 85.93. (2) sedangkan perolehan hasil minat belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Brebes menunjukkan kategori cukup yang berada pada interval nilai 84 – 91 87.85. (3) hasil dari uji hipotesis, menghasilkan persamaan regresi Ŷ = 20.038 + 0.789, dan hasil varians garis regresi pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 7.248 dan ttabel 1.990. Jika dikonsultasikan, maka thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian, hasil tersebut dinyatakan signifikan. Sedangkan konstribusi besarnya pengaruh model pembelajaran CTL pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits terhadap minat belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Brebes sebesar 40.2%, adapun 59.98% dipengaruhi oleh faktor luar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Model Pembelajaran CTL, dan Al Qur’an Hadits
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:49
Last Modified: 24 Feb 2023 09:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19240

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics