Studi analisis algoritma waktu salat dalam aplikasi muamalat din versi 1.3.3

Firdaus, Tedy Rochman (2022) Studi analisis algoritma waktu salat dalam aplikasi muamalat din versi 1.3.3. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702046058_Tedy Rochman Firdaus_Full] Text (Skripsi_1702046058_Tedy Rochman Firdaus_Full)
1702046058_Tedy Rochman Firdaus_Full Skripsi - Tedy RF Koora.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Di era kemajuan teknologi sekarang ini, banyak aplikasi penentuan awal waktu salat yang berbasis android dan IOS diantaranya yaitu Muamalat Din yang dirilis pertama kali pada tanggal 24 September 2019, Penulis tertarik meneliti jadwal waktu salat yang ada di aplikasi Muamalat Din karena aplikasi ini merupakan keluaran dari perbankan yang mana sudah tentunya banyak digunakan oleh pengguna bank tersebut untuk melakukan transaksi.
Penelitian ini membahas tentang bagaimana sistem hisab waktu salat dalam aplikasi Muamalat Din dan bagaimana akurasi perhitungan waktu salat yang ada dalam aplikasi Muamalat Din.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang suatu masalah. Penelitian ini juga termasuk dalam jenis penelitian kepustakaan yaitu kegiatan mempelajari dan mengutip teori-teori dari sejumlah literatur baik buku, jurnal atau karya tulis lainnya yang relevan dengan topik atau variabel penelitian. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan metode deskriptif analitik.
Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, sistem hisab waktu salat dalam aplikasi Muamalat Din yang menggunakan buku Astronomical Algorithms karya Jean Meeus dengan menghitung Julian Day. Kedua, berdasarkan hasil analisis akurasi perhitungan waktu salat dalam aplikasi Muamalat Din dengan website Bimas Islam, perbedaannya tidak terlalu besar, yakni berkisar 0 sampai 2 menit. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar, mengingat perbedaan sistem perhitungan dan pengambilan data yang berbeda. Aplikasi Muamalat Din cukup akurat dan dapat digunakan sebagai acuan waktu salat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Waktu salat; Aplikasi android; Muamalat Din
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 25 Feb 2023 04:16
Last Modified: 25 Feb 2023 04:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19275

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics