Studi komparatif pendapat Imam An-Nawawi Dan Ibnu Qudamah Tentang Talak Tafwiḍ

Agustiwa, Norma (2022) Studi komparatif pendapat Imam An-Nawawi Dan Ibnu Qudamah Tentang Talak Tafwiḍ. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016035] Text (SKRIPSI_1702016035)
1702016035_Norma Agustiwa_Full Skripsi - Norma agustiwa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil dari penelitian kepustakaan yang berjudul “Studi Komparatif Pendapat Imam An-Nawawi dan Ibnu Qudamah tentang Talak Tafwiḍ”. Talak Tafwiḍ merupakan penyerahan hak menceraikan dari seorang suami kepada istrinya. Adanya problem akademik yang dirasa oleh penulis sehingga melakukan penelitian ini, karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui mengenai materi tersebut. Penelitian ini untuk menjawab pertanyaan bagaimana pendapat Imam An-Nawawi dan Ibnu Qudamah tentang talak Tafwiḍ? Dan bagaimana relevansi pendapat keduanya dengan masa kini.
Penulis dalam penyusunan skripsi ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Data primer yang digunakan yaitu kitab Al- Majmu’ Syarh Al- Muhazzab karya Imam An-Nawawi dan kitab Al- Mughni dan Al-Kafi karya Ibnu Qudamah. Sebagai data sekunder yaitu literatur lainnya yang relevan dengan permasalahan yang dibahas. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dokumentatif, pengumpulan data yang dilakukan melalui penelitian Pustaka.
Hasil penelitian ini menyimpulkan, Imam An-Nawawi dan Ibnu Qudamah berpendapat bahwa talak Tafwiḍ hukumnya diperbolehkan, karena penyerahan hak otoritas talak kepada seorang istri pernah dilakukan oleh Rasulullah Saw yang didasarkan pada Al-Qur’an surat al-Ahzab ayat 28-29, dan hadis sahih riwayat muttafaq’alaih dari Aisyah r.a. keduanya berbeda pendapat hanya dalam masa talak yang diberikan. Relevansi talak Tafwiḍ dengan masa kini cukup relevan disebabkan karena semakin kompleks dan beragamnya permasalahan-permasalahan yang hadir di tengah-tengah masyarakat terutama yang berkaitan dengan permasalahan dalam hubungan pernikahan dan juga permasalahan yang sering hadir dari pihak si istri. Sehingga dengan adanya konsep talak Tafwiḍ ini setidaknya dapat menjaga dari ikatan pernikahan yang ada dan adanya kehati-hatian dalam melakukan mengambil keputusan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Talak; tafwiḍ; Imam An-Nawawi; Ibnu Qudamah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:46
Last Modified: 28 Feb 2023 03:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19304

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics